Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 18 Desember 2017 | 02:40 WIB

Penjelasan PSSI soal Sanksi Rp50 Juta bagi Persib

Oleh : Arif Budiwinarto | Selasa, 19 September 2017 | 12:36 WIB
Penjelasan PSSI soal Sanksi Rp50 Juta bagi Persib
(Foto: persib)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) angkat bicara mengenai sanksi yang diberikan kepada Persib Bandung terkait aksi "Save Rohingya".

Pekan lalu, PSSI menjatuhkan sanksi 50 juta Rupiah kepada Persib menyusul aksi koregrafi Bobotoh yang membuat mozaik tulisan "Save Rohingya" di Stadion Si Jalak Harupat saat menjamu Semen Padang pada 9 September lalu.

Manager Persib, Umuh Muchtar, keberatan dengan sanksi PSSI tersebut, begitu juga Bobotoh. Sebagai langkah meringankan beban klub, mereka berinisiatif menjalankan gerakan pengumpulan uang logam untuk membayar denda tersebut.

Menyikapi hal tersebut, PSSI akhirnya menjelaskan pertimbangan mereka menjatuhkan sanksi kepada Maung Bandung. Dalam pernyataan yang ditulis Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, menjelaskan bahwa polemik terkait dengan keberadaan dan hak asasi etnis Rohingya di Myanmar adalah sebuah isu yang memiliki aspek politik.

Sementara apa yang ditunjukkan Bobotoh lalu dinilai sebagai simbol yang bermuatan politik. Koreo Bobotoh dianggap menyalahi ketentuan Pasal 67.3 dari Kode Disiplin PSSI yang diterapkan sesuai dengan Kode Disipliner FIFA.

"FIFA menentukan bahwa pemaparan simbol politik dalam bentuk apapun dianggap sebagai tindakan yang tidak sesuai (improper conduct), yang dapat dikenakan sanksi," tulis pernyataan dalam laman resmi PSSI tersebut.

"Dalam Statuta PSSI, segenap anggota PSSI sepakat bahwa salah satu tujuan PSSI adalah mematuhi segenap peraturan FIFA dan AFC. Untuk mencapai tujuan ini, maka disepakati pula bahwa PSSI akan bersikap netral dalam politik dan agama," tegas PSSI.[rza]

Sumber: Persib

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x