Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 18 Desember 2017 | 17:36 WIB

Kemenpora MInta Laga Pamungkas Liga 1 Serentak

Oleh : Reza Adi Surya | Sabtu, 11 November 2017 | 03:09 WIB
Kemenpora MInta Laga Pamungkas Liga 1 Serentak
Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi. - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) meminta kepada PSSI agar pertandingan pamungkas Liga 1 digelar serentak. Selain itu, pertandingan yang menentukan posisi ditayangkan secara langsung atau minimal live streaming.

Kompetisi Liga 1 diselimuti kontroversi ketika Komisi Disiplin PSSI menyatakan Mitra Kukar kalah walk out 0-3 saat melawan Bhayangkara FC. Sejatinya laga tersebut berakhir imbang 1-1.

Dengan demikian, Bhayangkara FC mendapat tambahan dua poin dan beberapa hari lalu dipastikan menjadi juara Liga 1 usai menundukkan Madura United 3-1.

Mitra Kukar dinyatakan bersalah karena memainkan pemain ilegal, Mohamed Sissoko yang masih dalam masa larangan bermain dua kali setelah mendapat kartu merah, tapi Mitra Kukar mengklaim tak mengetahui soal larangan terhadap Sissoko.

Untuk menghindari kontroversi serupa, Kemenpora berikirim surat yang ditujukan kepada Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi.

Berikut empat permintaan dalam surat bernomor 11.9.1/Menpora/XI/2017:

1. Harus melaksanakan seluruh laga akhir ( baik Liga 1 maupun laga terakhir setiap Grup di 8 besar Liga 2) serentak dalam waktu yang bersamaan.
2. Harus menayangkan secara live atau streaming atas seluruh laga yang akan menentukan juara dan degradasi.
3. Tidak ada lagi melakukan perubahan-perubahan sanksi/hukuman atau law of the game serta tiba-tiba/mendadak dan cenderung tidak konsisten, karena berpotensi mencederai kepercayaan publik pada kualitas kompetisi yang diadakan PSSI dan PT LIB.
4. Menyampaikan laporan secara lengkap kepada Pemerintah sesegera mungkin usai selesainya kompetisi Liga 1 dan Liga 2.

Komentar

 
Embed Widget

x