Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 18 Januari 2018 | 09:15 WIB

Ada Kemungkinan Italia Gantikan Peru di Rusia 2018

Oleh : Arif Budiwinarto | Jumat, 24 November 2017 | 09:34 WIB
Ada Kemungkinan Italia Gantikan Peru di Rusia 2018
(Foto: football-italia)

INILAHCOM, Jakarta - Italia gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 karena kalah di babak playoff. Namun, ada aturan FIFA yang memungkinkan Gli Azzurri bermain di Rusia 2018.

Italia harus mengakui keunggulan Swedia dengan agregat 1-0 di babak playoff. The Nazionale gagal tampil di Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1958.

Namun, sebuah regulasi FIFA memungkinkan Italia bisa tampil di Piala Dunia tahun depan. Ini tak lepas dari konflik kepentingan yang terjadi antara pemerintah Peru dan federasi sepakbola negara tersebut.

Kabar yang beredar pemerintah berusaha mengintervensi federasi sepakbola Peru dengan membuat undang-undang sistem olahraga baru yang memungkinkan pemerintah memiliki kontrol terhadap federasi sepakbola.

Tindakan tersebut tidak diizinkan dalam statuta FIFA sebagai aturan baku. Setiap federasi sepakbola negara-negara anggota FIFA tidak diperkenankan ada campur tangan pemerintah.

Jika undang-undang tersebut disahkan maka situasinya akan berakibat buruk bagi timnas Peru. FIFA bisa saja membekukan federasi sepakbola Peru dari sepakbola internasional. Artinya, keikutsertaan mereka di Piala Dunia 2018 bisa dibatalkan. Ini sesuai dengan Pasal 7 dalam statuta FIFA.

"Jika ada asosiasi sepakbola yang menarik diri atau dikecualikan dari kompetisi (Piala Dunia), Organising Committee FIFA harus memutuskan masalah tersebut atas kebijakannya sendiri dan mengambil tindakan apapun yang dianggap perlu."

Dari pasal tersebut dapat ditarik kesimpulan FIFA punya wewenang untuk menggugurkan keikutsertaan Peru dengan alasan menyalahi statuta. Sedangkan untuk penggantinya, FIFA bisa menunjuk negara lain menggantikan Peru, tidak harus New Zealand yang dikalahkan di babak playoff.

Kemungkinan tersebut diperkuat dengan aturan tertulis yang masih jadi bagian dari statuta FIFA.

"Organising Committee FIFA secara khusus dapat memutuskan untuk mengganti asosiasi yang bersangkutan dengan asosiasi lain."

Bila memperhatikan 'nilai jual', pilihan untuk memasukkan Italia menggantikan Peru terbilang rasional dan menguntungkan. Pasalnya, Gli Azzurri punya sejarah panjang di Piala Dunia ditambah lagi ranking FIFA mereka lebih tinggi dari pada New Zealand atau negara lain yang gagal ke Rusia 2018.

Akan tetapi, keputusan tersebut nampaknya masih jauh dari kata mungkin karena harus FIFA juga harus mempertimbangkan banyak aspek lainnya.[rza]

Sumber: Football-Italia

Komentar

 
Embed Widget

x