Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 18 Desember 2017 | 21:26 WIB

'Gol Hantu' Messi, La Liga Disarankan Pakai VAR

Oleh : Reza Adi Surya | Senin, 27 November 2017 | 16:09 WIB
'Gol Hantu' Messi, La Liga Disarankan Pakai VAR
(Foto: gettyimages)
facebook twitter

INILAHCOM, Valencia - Gol Lionel Messi ke gawang Valencia tidak disahkan oleh wasit meskipun bola sepenuhnya sudah melewati garis. La Liga pun disarankan menggunakan VAR (Video Assistant Referee).

Barcelona harus puas dengan hasil imbang 1-1 melawan Valencia, Senin (27/11/2017) dini hari WIB di Estadio Mestalla. Sempat tertinggal oleh gol Rodrigo, Blaugrana terhindar dari kekalahan melalui gol Jordi Alba.

Sebenarnya, Barcelona bisa saja unggul 1-0 di babak pertama tepatnya di menit ke-30. Saat itu bola tendangan Messi tak bisa ditangkap dengan sempurna oleh kiper Valencia, Neto. Bola bergulir melewati garis gawang sebelum Neto membuang bola.

Bek Barcelona, Jordi Alba menyarankan La Liga segera menggunakan VAR. Sejauh ini baru Seri A dan Bundesliga yang menggunakan teknologi tersebut. Sementara La Liga berencana menggunakannya musim depan.

"Itu kesalahan yang fatal oleh wasit. Bahkan saya pun bisa melihat bola sudah melewati garis dari tengah lapangan. Kami melihat tayangan ulang saat jeda babak dan itu sangat jelas, sangat jelas," ujar Alba, dikutip dari Sport.

"VAR adalah teknologi yang bisa membantu sepak bola di Spanyol dan kejadian seperti ini takkan terulang lagi," tambahnya.

Dengan menggunakan VAR, wasit bisa melihat tayang ulang dari sebuah televisi. Jika memang bola melewati garis sepenuhnya, maka wasit bisa mengesahkan gol tersebut. Tak hanya gol, VAR bisa membantu wasit menentukan pelanggaran di kotak penalti atau insiden-insiden yang terlewatkan oleh wasit.

Komentar

 
x