Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 18 Desember 2017 | 21:32 WIB

Karena Gol Messi, La Liga Perlu Pakai VAR

Oleh : Arif Budiwinarto | Selasa, 28 November 2017 | 19:37 WIB
Karena Gol Messi, La Liga Perlu Pakai VAR
(Foto: soccerway)
facebook twitter

INILAHCOM, Madrid - Presiden La Liga, Javier Tebas, ikut angkat bicara soal kontroversi gol hantu Lionel Messi ke gawang Valencia. Dia semakin yakin La Liga sangat membutuhkan teknologi VAR (Video Assistant Referee).

Dalam pertandingan yang berkesudahan imbang 1-1 di Nou Camp, Senin (27/11/2017) kemarin, Barca sebenarnya bisa unggul 1-0 terlebih dulu di menit ke-30. Sepakan Messi gagal ditangkap dengan sempurna oleh kiper Neto, bola bergulir ke arah gawang dan masih sempat dihalau keluar oleh sang kiper.

Messi sempat berselebrasi karena menganggap bola sudah melewati garis gawang. Tetapi, wasit malah menganulirnya. Pemain Barca beramai-ramai mengerubungi wasit melakukan protes.

Dalam tayangan lambat video terlihat jelas bola sudah melewati garis gawang sebelum dihalau keluar oleh Neto.

Usai pertandingan, pelatih Barca, Ernesto Valverde, mengungkapkan perasaan kecewanya. Tak sampai disitu, banyak pihak yang menganggap gol hantu Messi menjadi bukti pentingnya penggunaan VAR di pertadingan La Liga.

"Gol tersebut dilihat oleh semua orang di Spanyol dan seluruh dunia," kata Tebas kepada Soccerway.

"Jika saya mengatakan itu tidak gol. Anda akan menyebut saya buta. Itu gol dan kami berharap musim depan dengan VAR kami bisa memecahkan masalah seperti ini," dia menambahkan.

Wacana penggunaan VAR di La Liga sebenarnya sudah bergulir sejak awal musim ini, namun pihak La Liga belum mau memberikan lampu hijau penggunaan teknologi tersebut karena harga mahal.

VAR merupakan teknologi baru dalam sepak bola yang berfungsi membantu wasit dalam mengambil keputusan. VAR menghadirkan tayangan video saat terjadi sebuah insiden di dalam lapangan yang luput dari pengamatan wasit.[rza]

Komentar

 
x