Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 18 Desember 2017 | 17:58 WIB

Valverde Sebut La Liga Kompetisi Ketinggalan Zaman

Oleh : Arif Budiwinarto | Rabu, 29 November 2017 | 19:31 WIB
Valverde Sebut La Liga Kompetisi Ketinggalan Zaman
(Foto: espnfc)
facebook twitter

INILAHCOM, Barcelona - Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, masih mempermasalahkan gol Lionel Messi yang dianulir. Dia menyebut La Liga ketinggalan zaman sampai sekarang belum mengadopsi teknologi VAR.

Valverde kesal saat mengetahui gol Messi di menit ke-30 tidak disahkan wasit saat Barcelona ditahan imbang Valencia 1-1 di Nou Camp, Senin (27/11/2017) dini hari WIB. Padahal dalam tayangan ulang video terlihat jelas bola tangkapan lepas kiper Neto sudah melewati garis gawang.

Setelah gol tersebut banyak pihak yang menyuarakan pentingnya penggunaan teknologi Video Assisting Referee (VAR) dalam pertandingan La Liga. Bila dibandingkan dengan empat liga top Eropa lainnya, La Liga menjadi satu-satunya kompetisi yang belum memanfaatkan teknologi sebagai pembantu tugas wasit.

Sebenarnya wacana penggunaan VAR sudah muncul sejak awal musim ini, tetapi La Liga belum memberi lampu hijau dengan alasan masih mempertimbangkan urgensi dan juga biaya yang tidak murah.

Valverde berharap kejadian gol hantu Messi bisa menjadi pertimbangan utama La Liga menggunakan teknologi VAR, agar kompetisi Negeri Matador tidak terlalu tertinggal dari liga lainnya.

"Ini adalah kegilaan yang terjadi di pertandingan penting, dan pada momen yang juga penting, wasit tidak melihat itu gol saat ada 40 ribu penonton menyaksikannya gol. Setiap tahun akan terus ada episode seperti ini," kata juru taktik 53 tahun kepada ESPN.

"Teknologi garis gawang sudah diperkenalkan. Teknologi itu sudah digunakan di olahraga dan kompetisi liga lainnya, sebuah hal absurd di sini belum menggunakannya," dia memungkasi.

Komentar

 
x