Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 17 Januari 2018 | 10:27 WIB

Shakhtar Hentikan Catatan Impresif City di UCL

Oleh : Arif Budiwinarto | Kamis, 7 Desember 2017 | 06:09 WIB
Shakhtar Hentikan Catatan Impresif City di UCL
(Foto: gettyimages)
facebook twitter

INILAHCOM, Kharkiv - Catatan impresif Manchester City di Liga Champions Eropa terhenti di tangan Shakhtar Donetsk. Hasil tersebut membuat Shakhtar lolos ke 16 besar.

Bertamu ke Metalist Stadium, Kamis (7/12/2017) dini hari WIB, dalam matchday enam Liga Champions Eropa, City menurunkan mayoritas pemain pelapisnya karena mereka sudah dipastikan lolos ke fase gugur.

Meskipun demikian, The Citizens tetap mampu memegang kendali permainan. Tercatat, skuad asuhan Pep Guardiola melakukan 66 persen ball possession berbanding 34 persen yang dilakukan tuan rumah.

City mendominasi penguasaan bola, tapi tak bisa menciptakan peluang sama sekali dalam 20 menit pertama. Sebaliknya, serangan-serangan Shakhtar lebih berbahaya.

Peluang berbahaya Shakhtar hadir di menit ke-21, sepakan Marlos ke arah gawang masih bisa ditangkap Ederson.

Lima menit berselang, Ederson gagal mencegaj gawangnya dari kebobolan. Bernard melepaskan sepakan melengkung dari luar kotak penalti ke pojok kanan atas gawang City gagak dijangkau kiper asal Brasil tersebut.

Berselang beberapa menit, Bernard hampir saja mencetak gol keduanya andai saja tak digagalkan Ederson.

Tuan rumah kembali bergemuruh menyambut gol kedua yang dicetak Ismaily di menit ke-32. Gol ini berawal dari umpan panjang yang dikirimkan Marlos kepada Ismaily. Ederson keluar dari sarangnya, tapi dia justru melakukan kesalahan yang membuat Ismaily tinggal menghadapi gawang kosong. Ismaily pun tanpa kesulitan mencetak gol.

City sebenarnya punya peluang bagus menipiskan skor di menit ke-41. Umpan terobosan Phil Foden membuat Gabriel Jesus berhadapan satu lawan satu dengan kiper Andriy Pyatov, tetapi aksi Gabriel Jesus bisa dihentikan kiper.

Tertinggal dua gol di babak pertama membuat City menaikkabn tempo permainan di babak kedua. Sepakan Leroy Sane di menit awal masih bisa dimentahkan oleh Pyatov.

Pep Guardiola melakukan pergantian pemain di pertengahan babak kedua untuk menambah daya serang, dia memasukkan Sergio Aguero menggantikan Fernandinho.

Gabriel Jesus kembali menyia-nyiakan peluang di menit ke-80, sepakan jarak dekatnya gagal jadi gol setelah membentur tiang

Di masa injury, City mendapat hadiah penalti setelah Bohdan Butko melakukan pelanggaran kepada Gabriel Jesus. Aguero yang maju sebagai eksekutor mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Skor jadi 2-1 dan bertahan hingga laga usai.

Dengan hasil ini, City mengakhiri fase grup sebagai juara Grup F dengan 15 poin. Shakhtar menyusul sebagai runner-up dengan 12 poin.

Susunan Pemain

Shakhtar Donetsk: Pyatov; Butko, Rakitskiy, Ordets, Ismaily (Azevedo 64'); Fred, Stepanenko; Marlos (Kovalenko 82'), Taison, Bernard; Ferreyra (Khocholava 89')

Manchester City: Ederson, Danilo, Mangala, Adarabioyo, Fernandinho (Aguero 70'), Foden, Yaya Toure, Guendogan, Bernardo, Sane (Diaz 62'), Gabriel Jesus

Komentar

 
Embed Widget

x