Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 18 Januari 2018 | 09:06 WIB

Madrid Lebih Sering Kalah Jika Isco Tak Main?

Oleh : Arif Budiwinarto | Selasa, 26 Desember 2017 | 20:35 WIB
Madrid Lebih Sering Kalah Jika Isco Tak Main?
(Foto: GettyImages)

INILAHCOM, Madrid - Ada fakta menarik usai Real Madrid kalah dari Barcelona di laga El Clasico. Madrid punya persentase kekalahan lebih besar saat Isco tidak bermain.

Dalam laga yang berkesudahan 0-3 bagi keunggulan Barca di Santiago Bernabeu, Sabtu (23/12/2017) kemarin, Zinedine Zidane membangkucadangkan Isco. Dia memilih Mateo Kovacic mengisi pos gelandang tengah.

Keputusan Zidane tersebut mendapat banyak kritikan, Kovacic dianggap kesulitan menutup pergerakan Lionel Messi maupun Ivan Rakitic saat proses terciptanya gol pertama Barca.

Absennya Isco diklaim ada kaitannya dengan hasil buruk yang diraih Madrid di laga El Clasico. Faktanya demikian, El Real pernah kalah 3-2 musim lalu dan dihajar 4-0 dua tahun lalu saat Isco tak bermain.

Bukan hanya itu, statistik mencatat kehadiran Isco dalam skuad Los Blancos bisa memberi dampak signifikan. Dari 155 penampialannya, baik bermain penuh (57 kali) atau tidak (98 kali), Madrid bisa membukukan 116 kemenangan, 23 imbang dan 13 kekalahan, dengan rataan kalah delapan persen.

Jika dibandingkan dengan 93 pertandingan dia tidak bermain sejak awal, 60 diantaranya masuk sebagai pengganti, Madrid meraih 65 kemenangan, 15 kali imbang dan 13 pertandingan tanpa meraih poin, jumlah kekalahan naik jadi 14 persen.

Jika jumlah imbang dan kekalahan diatas kemudian dirata-ratakan maka persentase El Real gagal menang menjadi 22 persen saat Isco main dan menjadi 30 persen saat gelandang 25 tahun itu absen.

Mungkin dengan fakta-fakta diatas Zidane bisa mengevaluasi skuadnya di paruh kedua, terutama memberikan waktu bermain kepada Isco yang sempat diparkir di bangku cadangan karena dituduh keluar malam serta menolak diminta pemanasan.

Sumber: Marca

Komentar

 
x