Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 23 Mei 2018 | 17:43 WIB
 

Barca Kalahkan Madrid soal Pendapatan Hak Siar TV

Oleh : Arif Budiwinarto | Kamis, 4 Januari 2018 | 10:33 WIB
Barca Kalahkan Madrid soal Pendapatan Hak Siar TV
(Foto: gettyimages)

INILAHCOM, Jakarta - Persaingan Barcelona dan Real Madrid bukan hanya soal perebutan titel juara. Baru-baru ini La Liga mengonfirmasi Barca meraih pendapatan hak siar televisi lebih besar dari Madrid di musim 2016-17.

Musim lalu, Barca harus merelakan gelar juara La Liga jatuh ke tangan rival abadinya. Tak sampai situ, Los Blancos melengkapinya dengan gelar juara Liga Champions Eropa ke-12 sepanjang sejarah.

Gagal meraih trofi domestik dan Eropa musim lalu, Barca bisa sedikit bernapas lega pasalnya mereka mendapat pemasukan besar dari penjualan hak siar televisi.

Dilansir dari ESPN, La Liga mengumumkan Barca mengantongi total pemasukan 146,2 juta Euro dari hak siar televisi. Jumlah tersebut lebih besar dari yang didapat Madrid senilai 140,1 juta Euro dari total pemasukan hak siar televisi 20 kontestan La Liga 2016-17 sebesar 1,246 miliar Euro.

Pendapatan hak siar Barca dan Madrid berbeda jauh dengan tiga tim lain yang mampu finis di urutan lima besar. Sebagai contoh Atletico Madrid mendapatkan 99,2 juta Euro, Athletic Bilbao mengantongi 71 juta Euro sedangkan Valencia 67,3 juta Euro.

Sedangkan dua tim yang mampu menghindari degradasi, Alaves dan Leganes, masing-masing mendapat 39,3 juta Euro. Nilai tersebut lebih kecil dari tim dengan situasi serupa musim lalu.

Dalam pembagian nilai hak siar, La Liga mengacu kepada dua faktor. Pertama, pertimbangan pencapaian klub-klub dalam lima musim terakhir dan yang kedua berfokus pada jumlah pelanggan televisi dan penonton televisi dalam setiap pertandingan.

Ini adalah kali kedua Barca mengalahkan Madrid dalam urusan finansial. Pada Januari 2016, Barca berada di posisi kedua klub dengan jumlah penerimaan terbesar di dunia dengan nilai 620,2 juta Euro. Mereka berada di bawah Manchester United yang mengantongi pendapatan 689 juta Euro.

Sedangkan Real Madrid berada di urutan ketiga klub dengan penerimaan terbesar dengan meraup 620,1 juta Euro.[rza]

Komentar

 
Embed Widget

x