Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 17 Agustus 2018 | 16:16 WIB

Perempuan Arab Kini Boleh Hadir di Stadion

Oleh : Arif Budiwinarto | Sabtu, 13 Januari 2018 | 14:10 WIB
Perempuan Arab Kini Boleh Hadir di Stadion
(Foto: AFP/Getty Images )

INILAHCOM, Jeddah - Untuk pertama kalinya dalam sejarah Arab Saudi, perempuan diperbolehkan menyaksikan langsung pertandingan sepak bola di stadion.

Ada pemandangan berbeda di King Abdullah Sport City Stadium, Jeddah, Jumat (12/1/2018) waktu setempat, yang menggelar pertandingan Liga Pro Arab antara Al-Ahli melawan Al-Batin, di salah satu tribun penonton nampak beberapa fans perempuan menyaksikan pertandingan.

Dengan menggunakan pakian gamis hitam, mereka membawa syal serta bendera klub yang mereka dukung. Bahkan, mereka tak canggung untuk menyanyikan yel-yel beriringan dengan para fans lelaki.

Ini adalah kali pertama dalam sejarah negara Timur Tengah itu kaum perempuan diperbolehkan hadir di stadion. Selama ini, olahraga sepakbola dan stadion di Arab Saudi identik dengan kaum laki-laki.

Adalah Putra Mahkota Arab, Muhammad Bin Salman, yang menghapus larangan perempuan hadir di stadion. Selama ini, mereka hanya bisa menyaksikannya di rumah lewat tayangan televisi.

"Event ini membuktikan bahwa kami menuju masa depan yang lebih baik. Saya sangat bangga menjadi saksi mata perubahan besar ini," ujar Lamya Khaled, perempuan 32 tahun dari Jeddah.

"Saya bangga dan amat sangat senang dengan perkembangan ini dan langkah kerajaan (Arab Saudi) dan mengadopsi kebijakan untuk warga sipil dari berbagai negara," ujar Ruwayda Ali Qasem yang diwawancarai the Guardian sebelum menyaksikan pertandingan sepakbola.

Kebijakan tersebut langsung direspon klub ternama Arab Saudi, Al-Ittihad. Mereka membuat ajakan fans perempuan untuk memberikan dukungan langsung di stadion saat mereka menjalani laga derbi.

"Ittihad fans, lelaki dan perempuan, adalah semangat dari klub ini, dan kesuksesan kami tidak lengkap tanpa kehadiran mereka untuk mengukit entitas bersejarah ini. Tanpa Anda, rasanya tak lengkap," demikian kicauan akun Twitter Al-Ittihad disertai gambar seorang perempuan dengan wajah dilukis dengan cat berwarna emas, warna khas klub.

Dalam implementasinya, pengelola stadion akan menyediakan tribun khusus untuk wanita dan keluarganya menyaksikan pertandingan sepakbola.

Perubahan kebijakan sosial di Arab Saudi juga memperbolehkan perempuan untuk mengemudikan mobil yang akan mulai berlaku pada Juni 2018.

Sumber: The Guardian

Komentar

x