Find and Follow Us

Sabtu, 7 Desember 2019 | 14:32 WIB

Kondisi Fisik Skuad Timnas Kian Membaik

Oleh : Boy Leonard Pasaribu | Sabtu, 15 September 2012 | 00:27 WIB
Kondisi Fisik Skuad Timnas Kian Membaik
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Malang - Timnas versi KPSI bentukan Alfred Riedl mengalami perkembangan positif dalam hal fisik, sesuai target yang dipasang pelatih Alfred Riedl untuk latihan yang diprogram selama 2,5 pekan di Batu, Malang.

Kondisi fisik menjadi perhatian utama pelatih asal Austria itu, mengingat mayoritas pemain telah menjalani masa rehat selama dua bulan sejak kompetisi Liga Super Indonesia (ISL) 2011-12 berakhir.

"Ini sudah jadi karakter pemain kita, setelah hampir dua bulan tidak pegang bola, fisiknya drop. Tapi, perlahanlahan sudah mulai membaik, seiring dengan program yang kita berikan," ujar asisten pelatih Wolfgang Pikal.

Program latihan yang disusun Alfred Riedl bersama Pikal, Robby Darwis dan Erick Ibrahim sebagai asisten tersebut menjadwalkan latihan dua kali sehari. Program ini adalah bagian dari program persiapan terpadu. Setelah 2,5 pekan di Batu, pemain akan menjalani libur sepekan dan dilanjutkan dengan program pemusatan latihan di luar negeri.

"Kami masih dalam fase awal. Puncak dari fisik pemain pun tidak akan kita dapat setelah dua pekan latihan, melainkan pada saat turnamen AFF Suzuki Cup berlangsung. Jadi, saat ini memang lebih baik tidak menilai dulu kondisi pemain," Pikal melanjutkan.

Meski fokus pada pengembalian kondisi pemain, Riedl tetap menyelipkan sedikit latihan teknik dan taktik agar naluri bermain Firman Utina dkk tidak luntur. Salah satunya dengan mengadakan uji tanding internal, yang mempertemukan tim berisi pemain-pemain senior seperti Firman dengan skuad muda seperti Egi Melgiansyah maupun Saddam Husain.

"Memang belum waktunya kita menilai kemampuan pemain, tapi paling tidak, dalam game internal nanti, ada gambaran sedikit tentang perkembangan fisik dan teknis pemain," ujar eks pelatih Arema Indonesia itu.

Komentar

Embed Widget
x