Find and Follow Us

Sabtu, 18 Januari 2020 | 16:01 WIB

Tumbangkan Madrid, Dortmund Duduki Puncak Grup D

Oleh : Arie Nugroho | Kamis, 25 Oktober 2012 | 03:42 WIB
Tumbangkan Madrid, Dortmund Duduki Puncak Grup D
Getty Images
facebook twitter


INILAH.COM, Dortmund - Real Madrid tak berdaya menghadapi Borussia Dortmund di kandangnya. Los Blancos tumbang 2-1 dan harus merelakan posisi puncak Grup D diambil alih sang wakil Jerman.

Kedua tim bermain imbang 1-1 di babak pertama. Robert Lewandowski membawa Dortmund unggul di menit ke-36 namun Ronaldo berhasil membalasnya dua menit kemudian. Di babak kedua, Dortmund kembali mencetak angka melalui Marcel Schmelzer di menit ke-64.

Real Madrid melawat ke markas Borussia Dortmund, Stadion Signal Iduna Park, di pertandingan ketiga Grup D Liga Champions, Kamis (25/10/2012) dinihari WIB.

Krisis lini pertahanan melanda Madrid di partai ini. Empat pilar lini pertahanan Madrid, yakni Marcelo, Fabio Coentrao, dan Alvaro Arbeloa cedera dan tak bisa diturunkan.

Sebagai gantinya, pelatih Jose Mourinho menurunkan Raphael Varane dan Pepe di posisi bek tengah. Sergio Ramos mengisi posisi bek kanan. Sementara, Michael Essien, yang sejatinya berkarakter gelandang bertahan, dipaksakan sebagai bek kiri.

Di lini depan, Madrid tetap mengandalkan trio Karim Benzema, Cristiano Ronaldo dan Angel Di Maria untuk membongkar pertahanan Dortmund.

Dortmund di laga ini mengusung formasi 4-5-1. Robert Lewandowski dipercaya sebagai bomber solo di lini depan, ditemani Mario Goetze yang bertindak sebagai penyerang lubang.

Kendati bermain di kandang lawan, Madrid tampil dominan sepanjang babak pertama. Pola serangan Los Blancos dibangun melalui sisi kedua sayapnya, yang ditempati Ronaldo dan Di Maria.

Pertandingan baru menginjak lima menit, Madrid langsung memperoleh peluang. Angel Di Maria melepaskan tembakan kaki kiri keras dari sisi kanan. Namun, arah bola masih mampu dibaca dengan baik kiper Roman Weindenfeller.

Di menit ke-13, Dortmund ganti mengancam gawang Madrid. Kali ini, tembakan jarak jauh Sebastian Kehl masih mengarah ke tengah. Dengan mudah, kiper Madrid Iker Casillas menangkap bola.

Asyik menyerang, Madrid justru kebobolan di menit ke-36. Pepe salah mengirim umpan. Bola justru jatuh di kaki Kehl. Dia kemudian mengirim umpan terobosan kepada Lewandowski. Dengan tenang, Lewandowski menceploskan bola ke dalam gawang Casillas. 1-0 Dortmund memimpin.

Namun, Madrid berhasil membalasnya dua menit kemudian. Melalui serangan balik cepat, Ronaldo yang lolos dari perangkapoffsidedengan mudah menaklukkan Weidenfeller. Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Madrid mencoba melakukan serangan sporadis di awal babak kedua. Los Blancos langsung mengirim umpan lambung dari belakang ke depan untuk membongkar pertahanan Dortmund. Lima menit babak kedua berjalan, Di Maria memperoleh peluang mencetak angka. Namun, sontekannya masih menyamping tipis di sisi kanan pertahanan Madrid.

Dominasi Madrid di babak kedua hanya bertahan 15 menit saja. Setelahnya, Dortmund kembali mampu mengambilalih jalannya pertandingan.Gol kedua mereka pun lahir di menit ke-64.

Sebastian Kehl mengirim umpan silang dari sisi kiri pertahanan Madrid. Bola kemudian ditinju oleh Casillas. Schmelzer lalu menyambar bola muntah dengan sepakan first time dari luar kotak penalti. 2-1 Dortmund unggul.

Madrid berusaha keras untuk mengejar ketertinggalannya. Jose Mourinho memutar keras otaknya. Gonzalo Higuain kemudian ia masukkan menggantikan Karim Benzema dengan harapan pergerakan lincahnya dapat membongkar pertahanan kokoh Dortmund.

Namun, tampaknya perubahan taktik tersebut sudah diantisipasi sebelumnya oleh Dortmund. Sehingga, masuknya Higuain seakan menjadi sia-sia. Peluang terakhir Madrid di pertandingan ini hadir melalui Di Maria empat menit sebelum laga usai. Sayang, tembakannya dari luar kotak penalti melambung di atas mistar gawang Dortmund.

Hingga pertandingan berakhir, keunggulan 2-1 Dortmund tak berubah. Kemenangan ini membuat Dortmund kini memuncaki Grup D dengan raihan tujuh angka, menggeser Real Madrid yang mengemas enam angka.[yob]

Susunan Pemain:

Dortmund: Weidenfeller; Piszczek, Subotic, Hummels, Schmelzer; Bender (Gundogan 66'), Kehl, Reus (Perisic 91'), Goetze (Schieber 87'), Grosskreutz; Lewandowski

Madrid: Casillas; Varane, Ramos, Pepe, Essien; Di Maria, Khedira (Modric 19'), Alonso, Ozil; Benzema (Higuain 72'), Ronaldo.

Komentar

Embed Widget
x