Find and Follow Us

Kamis, 14 November 2019 | 06:15 WIB

41 Pemain Dihukum Seumur Hidup

Oleh : Arie Nugroho | Kamis, 10 Januari 2013 | 03:34 WIB
41 Pemain Dihukum Seumur Hidup
FIFA selaku Federasi Sepakbola Dunia juga memberikan hukuman larangan bermain di luar negeri kepada 41 pemain - IST
facebook twitter

INILAH.COM, Seoul -Tindakan tegas yang patut ditiru dilakukan oleh Asosiasi Sepak bola Korea Selatan (KFA). Mereka menjatuhkan hukuman seumur hidup kepada 41 pemain yang terlibat pengaturan skor.

Kasus pengaturan skor tersebut terjadi di Liga Korea (K-League) pada 2011 silam. KFA mengonfirmasi bahwa 41 pemain terlibat dalam kasus tersebut dan mendapat hukuman larangan bermain seumur hidup.

Atas hal itu, FIFA selaku Federasi Sepakbola Dunia juga memberikan hukuman larangan bermain di luar negeri kepada 41 pemain tersebut.

Namun selama proses penyelidikan, ada 21 pemain menyerahkan diri. Keringanan hukuman pun diberikan kepada mereka berupa masa hukuman dua hingga lima tahun serta masa percobaan. Jika mengulangi, hukuman seumur hidup akan dijatuhkan.

Selain itu, 21 pemain tersebut juga diharuskan melakoni pelayanan masyarakat selama 200 hingga 500 jam, sebelum akhirnya diperbolehkan kembali bermain di K-League.

Pelayanan masyarakat yang harus dijalani 21 pemain tersebut meliputi pembinaan sepakbola bagi para penyandang cacat dan aktif dalam kampanye anti pengaturan skor.

Setiap pemain yang boleh kembali merumput di K-League bakal diputuskan oleh KFA berdasarkan laporan bulanan dari kegiatan pelayanan masyarakat.[yob]

Komentar

Embed Widget
x