Find and Follow Us

Sabtu, 7 Desember 2019 | 21:12 WIB

Timnas Tumbang Lawan Arab Saudi, Blanco Geram

Oleh : Cakrayuri | Kamis, 28 Maret 2013 | 20:06 WIB
Timnas Tumbang Lawan Arab Saudi, Blanco Geram
Pelatih Timnas Indoensia Luis Manuel Blanco - inilah.com/Ardhy Fernando
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Pelatih Timnas Indoensia Luis Manuel Blanco geram dengan kekalahan Garuda melawan Arab Saudi. Menurutnya, Timnas seharusnya menang dengan skuad yang ada.

Blanco dicopot secara mendadak dari jabatan pelatih kepala Timnas Indonesia beberapa hari jelang pertandingan melawan Arab Saudi pada Kualifikasi Piala Asia 2015.

Wakil Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Harbiansyah Hanafiah mengganti Blanco dengan duet Rahmad Darmawan dan Jacksen F.Tiago.

Dalam pertarungan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (23/3/2013) WIB, Timnas Indonesia menyerah dengan skor 1-2.

Menanggapi hal itu, Blanco menilai seharusnya Timnas bisa memenangkan pertandingan dengan bermaterikan skuad yang ada. Menurutnya, pertahanan Arab Saudi yang lemah seharusnya mampu ditembus barisan penyerangan Timnas dengan mudah.

"Kalau saya pelatihnya, saya yakin Indonesia bisa menang melawan Arab. Saya tahu kelemahan para pemain Arab," tutur Blanco, Kamis (28/3/2013) WIB.

"Di Indonesia banyak pemain bagus. Seharusnya para pemain Indonesia bisa menembus pertahanan Arab dengan mudah," pelatih asal Argentina itu menyambung.

Blanco juga memaparkan seharusnya Timnas menggunakan skema 4-4-2 kala menghadapi Arab Saudi. "Andai saya memimpin Indonesia melawan Arab Saudi, maka saya akan memakai formasi itu," jelas Blanco.

Ditambahkan Blanco, seharusnya PSSI langsung memecat pelatih jika Timnas kalah dua gol di kandang sendiri jika sepakbola Indonesia ingin berkembang. Dia menegaskan hal itu lumrah dilakukan di negara-negara sepakbola maju.

"Di Argentina, Brasil, dan Eropa, jika Timnas-nya kalah 2-0, maka publik dan wartawan akan marah. Indonesia harus seperti itu," demikian Blanco.[arn]

Komentar

Embed Widget
x