Find and Follow Us

Rabu, 22 Januari 2020 | 06:09 WIB

Fergie Dukung Ferdinand Mundur dari Timnas Inggris

Oleh : Boy Leonard Pasaribu | Sabtu, 30 Maret 2013 | 02:14 WIB
Fergie Dukung Ferdinand Mundur dari Timnas Inggris
Pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson dan Rio Ferdinand - ist
facebook twitter

INILAH.COM, Manchester - Pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson, mendukung penuh cara Rio Ferdinand memutuskan mundur dari skuad Timnas Inggris akhir pekan lalu.

Bek tengah Timnas Inggris dan Manchester United itu memutuskan mundur dari skuad Three Lions hanya dua hari sebelum laga Grup H kualifikasi Piala Dunia 2014, Jumat (22/3/13) menghadapi San Marino. Ia juga mundur untuk laga lawan Montenegro empat hari kemudian.

Ferdinand beralasan kondisinya belum 100 persen usai mengalami cedera, namun banyak pihak yang mengira ini adalah lanjutan konfliknya dengan pelatih Timnas Inggris, Roy Hodgson, yang lebih membela John Terry pascainsiden tindak rasialisme Terry kepada adik Ferdinand, Anton.

Fans Inggris geram atas tindakan Ferdinand. Bahkan ada laporan yang menyatakan bahwa fans menyanyikan yel-yel bernada rasial kepada Ferdinand, yang saat ini masih dalam penyelidikan FIFA.

"Dia melakukan hal yang benar dengan pergi dan menemui Roy. Saya mendorong dia untuk mundur dan melakukannya dengan bertatap muka langsung. Dia perlu menjelaskan bagaimana kami menanganinya sekarang dan bagaimana dia bersiap menghadapi pertandingan. Saya rasa Roy menghargai itu," kata Ferguson seperti dinukil dari The Sun.

Yang membuat publik Inggris kesal terhadap bek berusia 34 tahun itu adalah ia justru melancong ke Qatar dan menjadi komentator di sana saat rekan-rekannya berjuang merebut tiket ke Brasil 2014. Terkait hal ini, Ferguson mengaku tak mempermasalahkannya.

"Hanya hanya mengurusi beberapa hal dalam beberapa hari ini dan jujur hal itu tak mengganggu saya sama sekali. Mereka (pemain yang tidak membela timnas) mendapatkan jatah libur akhir pekan dan berhak melakukan apapun yang ia mau," katanya.

"Mereka berlatih sepanjang pekan dan kami memberi mereka libur hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Dia berhak memilih apa yang dia mau soal ini," ia menambahkan.

Tak lama setelah penolakan Ferdinand, Hodgson kepada wartawan menyatakan perlunya diadakan diskusi antara Asosiasi Sepak bola Inggris (FA) dengan MU sebelum Ferdinand diberi kesempatan kembali ke Timnas. Namun Ferguson mementahkannya.

"Saya rasa itu tak perlu. Roy menelepon saya dan bilang dia perlu berbicara dengan Rio untuk sikapnya. Masalah itu selesai saat Rio menemuinya," pelatih paling senior di Inggris itu mengakhiri.

Komentar

x