Find and Follow Us

Senin, 20 Januari 2020 | 10:16 WIB

Chelsea Hanya Menang Tipis dari Tim Papan Bawah

Oleh : Cakrayuri | Minggu, 7 April 2013 | 22:56 WIB
Chelsea Hanya Menang Tipis dari Tim Papan Bawah
Chelsea unggul tipis dari Sunderland - (Foto: gettyimages)
facebook twitter

INILAH.COM, London Chelsea berhasil meraih kemenangan tipis 2-1 atas atas tim papan bawah Sunderland di Stadion Stamford Bridge dalam lanjutan Liga Primer Inggris, Minggu (7/4/2013) malam WIB.

Sunderland unggul terlebih dahulu di babak pertama lewat gol bunuh diri Cesar Azpilicueta. Di babak kedua Chelsea malah berbalik unggul, dua gol diciptakan oleh Matthew Kilgallon (bunuh diri) dan Branislav Ivanovic

Tuan rumah Chelsea kembali melakukan rotasi pada skuat utama mereka, Fernando Torres yang tampil cemerlang di liga Europa tengah pekan lalu, harus memulai laga dari bangku cadangan bersama dengan Yossi Benayoun, posisi mereka akan ditempati oleh Demba Ba dan Eden Hazard.

Anak asuh Rafael Benitez membangun serangan dari tiga gelandang muda yang mereka miliki. Oscar, Juan Mata dan Hazard selalu merepotkan pertahanan Sunderland yang dikomandoi John OShea.

Sementara pergantian manajer di tubuh Sunderland tidak membawa perubahan banyak pada komposisi pemain inti, Paolo Di Canio tetap percaya pada pemain-pemain utama seperti John O'Shea, Sessegnon, serta Adam Johnson.

Sunderland tak gentar dengan dukungan para fan The Blues. Stephane Sessegnon dan Connor Wickham sering merepotkan lini pertahanan Chelsea yang dipimpin Branislav Ivanovic. Terkadang aksi dari kedua pemain Sessegnon dan Wickham mampu merepotkan gawang Petr Cech.

Awal babak pertama, Sunderland mengambil inisiatif untuk melakukan serangan. Tiga menit laga berjalan, Sunderland memberoleh peluang dari gelandang serang Stephane Sessegnon. Dia mendapat ruang bebas untuk melakukan tendangan. Namun, sepakan kerasnya masih menyamping di gawang Petr Cech.

Lima menit kemudian, Chelsea mengancam gawang Simon Mignolet. Oscar melewati hadangan dua pemain Sunderland, dia melepaskan tembakan dari dalam kotak penalty. Namun usahanya belum membuahkan hasil. Sepakannya masih melambung di atas mistar gawang Mignolet.

Menit kesepuluh. Penyerang Sunderland, Wickham membangun serangan, dia melewati David Luiz sebelum melepaskan tembakan, namun arahnya masih belum mampu menemui sasaran.

Gelandang Chelsea, Ramires dijatuhkan Gardner di depan kotak penalti Sunderland. David Luiz mengeksekusi tendangan bebas itu, sepakannya membentur pagar hidup yang dibuat Sunderland. Bola mengarah ke Ba, tapi Kilgallon dengan cepat menutup ruang tembak penyerang tuan rumah itu. Chelsea gagal memanfaatkan kemelut di depan gawang Mignolet.

Kemelut terjadi di depan gawang Cech di menit ke-28, Ivanovic gagal menghalau umpan Sessegnon. Bola jatuh ke kaki Johnson, diteruskannya kepada Gardner yang menyambar bola. Namun, belum menemui sasaran.

Di babak pertama, permainan kedua tim masih berimbang. Baik Chelsea maupun Sunderland silih berganti melakukan serangan.

Peluang emas didapat Ba di menit ke-33. Tembakan guntingnya meneruskan umpan Hazard masih melebar tipis.

Di penghujung babak pertama Chelsea yang mendominasi laga harus dikejutkan oleh gol bunuh diri pemain belakangnya. Azpilicueta salah mengantisipasi sepak pojok Adam Johnson, bola masuk ke gawang Cech.

Hingga turun minum, Sunderland unggul 0-1 dari Chelsea.

Selepas turun minum, The Blues melalukan gebrakan dengan serangan-serangan tajam. Upaya itu berhasil dengan cepat. Baru dua menit babak pertama bergulir, Chelsea mampu menyamakan kedudukan.

Pemain belakang Sunderland, Matthew Kilgallon menjebol gawangnya sendiri. Diabermaksud menghalau umpan Oscar, tapi bola malah bergulir ke gawang sendiri. Skor menjadi imbang 1-1.

Gol bunur diri Kilgallon menjadi pukulan menyakitkan bagi Sunderland. Peraminan mereka di babak kedua menurun drastic. Hal itu dimanfaatkan benar oleh skuat Chelsea.

Di menit ke-55, Chelsea berbalik unggul. Ivanovic sukses memanfaatkan tendangan David Luiz. Ivanovic sukses membobol gawang Mignolet.

Mata mengancam Sunderland di menit ke-60. Dia berhasil mengelabuhi pergerakan Danny Rose dan Sebastian Larsson. Namun usahanya masih bisa dimentahkan oleh Mignolet.

Enam menit berselang, giliran Fernando Torres mendapat peluang emas. Berawal dari umpan silang Mata, penyerang asal Spanyol itu mampu menyambut umpan Mata. Tapi sundulannya masih berada di atas mistar gawang.

Di menit ke-70, Sunderland melakukan tekanan. Johnson menggiring bola dari lini tengah. Dia melepaskan tendangan keras dengan kaki kiri, tapi akurasi sepakannya belum menemui target.

Unggul 2-1 membuat Chelsea menurunkan tempo serangan. Hal itu dimanfaatkan oleh Sunderland untuk mencoba menekan pertahanan The Blues.

Menit ke-84, peluang Sunderland melalui tendangan bebas kembali tak membuahkan hasil. Sepakan Johnson dengan mudah diantisipasi oleh Cech.

Hingga peluit panjang berakhir, skor 2-1 untuk kemenangan Chelsea atas Sunderland. Dengan kemenangan ini, Chelsea berhasil merangseng naik ke posisi tiga klasemen dengan torehan 58 poin. Raihan poin Chelsea sama dengan Tottenham, tapi The Blues unggul selisih gol.

Sementara Sunderland semakin mendekati jurang degradasi. Mereka berada di posisi 17 klasemen dengan mengumpulkan 31 poin.

Susunan pemain

Chelsea: Petr Cech; Cesar Azpilicueta, Branislav Ivanovic, David Luiz (John Terry 68), Ryan Bertrand; Ramires, John Obi Mikel; Oscar, Juan Mata (Frank Lampard 90), Eden Hazard (Yossi Benayoun 85); Demba Ba (Fernando Torres 46)

Sunderland: Simon Mignolet; Phil Bardsley, Danny Rose, John OShea, Matthew Kilgallon; Alfred NDiaye, Craig Gardner (Jack Colback 82), Sebastian Larsson (James McClean 71), Adam Johnson, Stephane Sessegnon; Connor Wickham.

Komentar

x