Find and Follow Us

Senin, 16 Desember 2019 | 06:16 WIB

Ditahan Imbang Bilbao, Barcelona Batal Gelar Pesta

Oleh : Boy Leonard Pasaribu | Minggu, 28 April 2013 | 01:01 WIB
Ditahan Imbang Bilbao, Barcelona Batal Gelar Pesta
(Foto : istimewa)
facebook twitter

INILAH.COM, Bilbao - Athletic Bilbao membuat Barcelona menunda perayaan gelarnya musim ini. Di Stadion San Mames, Sabtu malam (27/4/13) WIB, Barca tertahan 2-2.

Bilbao mencetak gol pembuka pada babak pertama. Masuknya Messi di babak kedua mampu membuat Barca berbalik unggul. Satu gol dicetak Messi dan satu lagi dicetak Sanchez berkat umpan Messi. Namun Bilbao membalas satu menit jelang laga usai lewat Herrrera.

Jalannya laga:

Barcelona mengambil inisiatif menyerang sejak menit awal menggunakan kecepatan pemain sayap seperti Dani Alves, Jordi Alba dan Alexis Sanchez. Pelatih Tito Vilanova mencadangkan Lionel Messi dalam laga ini, namun ia memberi kesempatan bagi bek Eric Abidal, yang baru kembali setelah istirahat sekitar semusim usai menjalani cangkok hati.

Di menit-menit awal, kubu Bilbao berani menekan sang tamu di lini tengah, memanfaatkan absennya Messi. Tim besutan Marcelo Bielsa itu bahkan berani menekan sejak bola masih berada di lapangan bagian Barca. Lima gelandang dipasang sekaligus untuk mendukung penyerang tunggal, Markel Susaeta.

Peluang pertama diciptakan Bilbao pada menit kelima. De Marcos melepaskan umpan silang datar. Adurits terlambat sepersekian detik untuk menyambutnya.

Barca justru berada dalam tekanan. Mereka tak berani menampilkan tiki taka sepenuhnya. Xavi, Thiago Alcantara dan Alex Song beberapa kali melepaskan umpan jauh. Ini nyaris tak pernah terjadi di era Guardiola.

Alexis Sanchez coba membuka celah lewat skil individunya pada menit ke-16, menusuk dari sayap kiri ke bagian tengah di depan kotak penalti lawan. Dari sana, ia melepaskan tendangan yang, sayangnya, masih membentur tiang gawang.

Dua menit kemudian, giliran Bilbao membuat peluang. Umpan silang Markel Susaeta ditanduk San Jose, namun bola masih bisa diamankan kiper Barca, Victor Valdes.

Menit ke-23, Barca mendapat peluang yang lebih baik, masih dari luar kotak penalti, tendangan Alex Song berhasil ditepis kiper Gorka Iraizos.

Gol pembuka diciptakan Bilbao pada menit ke-27. Usai merebut bola dari gelandang Barca beberapa meter di depan kotak penalti, Aduriz menusuk lewat sayap kiri dan memberikan umpan silang datar, yang dikonversi menjadi gol oleh Susaeta. Bilbao unggul 1-0.

Barca tetap kesulitan menyerang pascagol tersebut. Gelar tim terbaik dunia yang disematkan publik sama sekali tak tampak malam ini. Bahkan, beberapa kali Blaugrana berada dalam tekanan. Pada menit ke-38, Sanchez kehilangan bola dan membuat timnya dalam keadaan terancam. Beruntung, Pique berhasil menghalau bola liar.

Peluang kembali didapatkan Barca pada menit ke-45. Xavi memberikan umpan datar kepada Fabregas di sayap kiri. Fabregas menunjukkan aksi individu, melewati dua pemain lawan dan melepaskan tendangan dari tiang dekat, bola masih melebar. Kedudukan 1-0 untuk Bilbao bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua Barca coba tampil agresif. Formasi 4-3-3 diubah jadi 3-4-3, mengganti bek tengah Abidal dengan bek sayap Adriano di menit ke-46.

Menit ke-54, Adriano menjatuhkan Aduriz sedikit di depan kotak penalti Barca. Wasit menghadiahkan kartu kuning Adriano dan tendangan bebas untuk Bilbao, yang dieksekusi Susaeta. Bola membentur sudut kiri atas Valdes.

Blaugrana kembali melakukan pergantian pada menit ke-59. Lionel Messi masuk menggantikan Xavi.

Efek Messi langsung terasa. Gol penyeimbang dicetaknya pada menit ke-67. Usai menerima bola di luar kotak penalti, Messi mengecoh tiga bek lawan sebelum melepaskan tendangan yang bersarang di sudut kanan bawah gawang Bilbao.

Dua menit kemudian, Barca kembali cetak gol, yang diawali overlap Dani Alves di sayap kanan. Umpan silangnya diteruskan Messi dengan sundulan di dalam kotak penalti kepada Sanchez, di dekat tiang sebelah kanan gawang lawan. Sembari memutar badan, Sanchez melepaskan tendangan yang tak mampu dibendung Iraizoz. Barca berbalik unggul 1-2.

Tiga pergantian dilakukan Bilbao dalam rentang waktu lima menit usai gol tersebut, termasuk memasukkan Fernando Llorente menggantikan Aduriz.

Menit ke-86, Messi nyaris mencetak gol keduanya. Tendangan bebasnya masih sedikit melebar di sisi kanan gawang lawan.

Bilbao menunjukkan semangat pantang menyerah. Mereka menciptakan gol penyeimbang pada menit ke-89. Adriano berupaya menghalau umpan silang De Marcos dari sayap kiri, namun bola justru jatuh di kaki Ander Herrera di tiang jauh. Tak terkawal, Herrera berhasil melesakkan gol ke sudut kiri bawah gawang lawan. Kedudukan 2-2 bertahan hingga usai.

Dengan hasil ini, Barca hanya menambah satu poin menjadi total 85 dari 33 laga. Unggul 14 poin dari Madrid yang baru akan bertanding sesaat lagi. Andai Barca menang pada laga ini dan Madrid gagal menang, Barca bisa mengunci gelar. Sementara Bilbao tetap berada di posisi ke-14 dengan 37 poin.

Athletic Bilbao: Gorka Iraizoz; Jon Aurtenetxe, Mikel San Jose, Borja Ekiza, Andoni Iraola; Carlos Gurpegui, Iker Muniain, Ander Herrera, Oscar de Marcos, Markel Susaeta; Aritz Aduriz. Pelatih: Marcelo Bielsa.

Barcelona: Victor Valdes; Dani Alves, Gerard Pique, Jordi Alba, Eric Abidal (Adriano 46); Xavi (Lionel Messi 59), Thiago Alcantara, Alex Song; Cesc Fabregas, Alexis Sanchez (Andres Iniesta 78), Pedro. Pelatih: Tito Vilanova.

Komentar

Embed Widget
x