Find and Follow Us

Sabtu, 14 Desember 2019 | 04:30 WIB

Piala Konfederasi

Balotelli Bawa Italia Jinakkan Meksiko

Oleh : Cakrayuri | Senin, 17 Juni 2013 | 03:51 WIB
Balotelli Bawa Italia Jinakkan Meksiko
Gol kemenangan Italia diciptakan oleh Mario Balotelli - (Foto: gettyimages)
facebook twitter

INILAH.COM, Rio de Jeneiro Bermain dengan tempo tinggi, Italia sukses menjinakkan perlawanan Meksiko. Azzurri pun menang dengan skor tipis 2-1.

Laga ini berlangsung di Stadion Maracana, Senin (17/6/2013) dini hari WIB. Italia unggul terlebih dahulu berkat gol dari tendangan bebas Andrea Pirlo. Meksiko menyamakan kedudukan melalui eksekusi penalti Javier Chicarito Hernandez. Gol kemenangan Italia diciptakan oleh Mario Balotelli.

Pelatih Jose Manuel de la Torre melakukan perubahan skema untuk mengatasi tumpulnya lini depan mereka yang pada dua laga terakhirnya hanya bisa bermain imbang tanpa gol.

Giovani Dos Santos diturunkan sejak menit awal agar bisa jadi alternatif serangan jika bomber Manchester United, Javier Hernandez tidak mampu membobol gawang Italia.

Sementara itu, peramu stategi Italia, Cesare Prandelli, menurunkan Mario Balotelli sebagai penyerang tunggal. Rekan duetnya, Stephan El Shaarawy mengalami cedera.

Di lini tengah ada Daniele de Rossi dan Andrea Pirlo. Keduanya merupakan pemain yang mengatur irama permainan Azzurri.

Italia menggempur pertahanan Meksiko sejak wasit meniup peluit tanda dimulainya pertandingan. Balotelli menjadi tumpuan utama Azzurri membongkar pertahanan lawan.

Meksiko mencoba memainkan pola ultimate defence dengan mengandalkan serangan balik. Para pemain Meksiko memanfaatkan lebar lapangan.

Jalannya pertandingan

Balotelli melakukan tendangan keras dari jarak 35 meter di menit ketiga. Berawal dari kesalahan bek Meksiko, Rodriguez yang salah mengumpan. Bola jatuh ke kaki Balotelli, dia melihat kiper Corona berada jauh dari gawangnya. Pemain AC Milan itu pun memutuskan untuk melakukan tendangan. Sayang, sepakannya masih berada di atas gawang.

Empat menit berselang Balotelli kembali mengancam. Montolivo memberikan umpan silang mendatar dari sisi kanan pertahanan Meksiko. Bola langsung disambar Balotelli dengan kaki kirinya. Namun, Corona masih bisa menggagalkan usahanya.

Meksiko baru bisa membalas serangan Italia di menit kesebelas. Dari sisi kanan pertahanan Italia, Giovani dos Santos melepaskan umpan silang mendatar. Bola langsung disambar oleh Andres Guardado. Buffon tak bisa menghalau sepakannya. Tapi untungnya, bola masih membentur tiang gawang bagian atas. Bola pun ke luar lapangan.

Dua menit berselang, Guardado menjatuhkan Pirlo di dalam kotak penalti Meksiko. Namun wasit tidak menganggapnya sebagai sebuah pelanggaran.

Menit ke-20 Meksiko mendapat peluang keduanya. Chicarito melakukan sepakan mendatar dari dalam kotak penalti. Tapi bola masih bisa dikuasai dengan baik oleh Buffon.

Italia mencetak gol di menit ke-27. Berawal dari pelanggaran Rodriguez kepada Balotelli di jarak 25 meter. Italia pun mendapat hadiah tendangan bebas. Eksekusi tendangan bebas Pirlo berhasil merobek gawang Corona. Bola mengarah ke pojok kanan. Itu merupakan gol ke-13 dari 100 pertandingan Pirlo bersama Italia.

Meksiko menyamakan skor di menit ke-34. Barzagli menjatuhkan dos Santos di kotak penalti, wasit pun menunjuk titik putih. Hernandez menjadi algijo. Dia mengrim bola ke pojok kiri gawang. Buffon bergerak ke arah sebaliknya.

Menit ke-41, Marchisio melepaskan umpan silang mendatar dari sisi kiri pertahanan Meksiko. Bola mengarah kepada Balotelli. Untungnya, Corona bereaksi cepat untuk menghalau bola.

Dua menit berselang, Pirlo memberikan umpan terobosan kepada Balotelli. Namun. Corona keluar dari sarangnya untuk menghentikan umpan Pirlo.

Hingga babak pertama berakhir, skor antara Meksiko kontra Italia masih imbang 1-1.

Memasuki babak kedua, Italia mengambil inisiatif serangan terlebih dahuli. Menit ke-49, Marchisio menyisir sisi kanan pertahanan Meksiko. Pemain Juventus itu memberikan umpan silang kepada Balotelli, tapi Torrado berhasil menyapu bola ke luar lapangan.

Tiga menit berselang, Balotelli dilanggar oleh Rodriguez di depan kotak penalti Meksiko. Pirlo kembali mengeksekusi tendangan bebas. Sepakannya membentur pagar hidup, bola mengarah kepada Montolivo. Gelandang Milan itu pun langsung mencocor bola, tapi Corona berhasil menangkap usaha Montolivo.

Menit ke-54, Meksiko melakukan serangan balik cepat. Hernandez mencoba melakukan sepakan dari depan kotak penalti. Tapi usahanya masih terlalu mudah untuk ditangkap Buffon.

Menit ke 59, Pirlo kembali menjadi algojo tendangan bebas. Dari jarak 25 meter, dia melepaskan tendangan. Sayang akurasi sepakannya masih menyamping di sebelah kiri gawang Corona.

Sepuluh menit berselang giliran Meksiko memberikan ancaman. Berawal dari sepak pojok yang dilakukan Guardado, bola berhasi ditanduk dos Santos. Tapi usahanya masih melebar di sisi kanan gawang Buffon.

Menit ke-75, bek sayap kanan Meksiko, Flores melakukan sepakan dari luar kotak penalt. Tapi upaya para pemain Meksiko yang melepaskan sepakan jarak jauh selalu berhasil ditangkap Buffon.

Balotelli akhirnya mencetak gol di menit ke-78. Mmanfaatkan umpan Giacherrini, pemain berjuluk Super Mario itu lolos dari tiga hadangan pemain bertahan Meksiko. Tak mau menyiakan peluang, Balotelli pun mengirim bola ke pojok kanan gawang. Corona gagal menghentikannya. Skor kini menjadi 2-1 untuk Italia.

Pemain berusia 22 tahun itu pun tampak emosional merayakan golnya. Dia melepas kostum yang dipakainya. Alhasil, Balotelli mendapat kartu kuning.

Di sepuluh menit terakhir, Italia melakukan penguasaan bola dan mengurung pertahanan Meksiko. Menit ke-86 Prandeli menggantikan Balotelli dengan Alberto Gilardino. Super Mario pun mendapat tepuk tangan dari penggemar Italia.

Upaya terakhir Meksiko untuk menyamakan kedudukan tercipta di menit ke-89. Jimenez melepaskan sepakan kaki kanan dari depan kotak penalti. Tapi Buffon kembali bisa menangkapnya.

Hingga bubaran, Italia menang 2-1 atas Meksiko. Dengan hasil ini, Azzurri berhak mengantongi tiga poin dan duduk di peringkat kedua klasemen Grup A. [arn]

Susunan pemain

Italy (4-3-2-1): Gianluigi Buffon; Ignazio Abate, Andrea Barzagli, Chiellini, Mattia De Sciglio; Daniele De Rossi, Andrea Pirlo, Riccardo Montolivo; Giaccherini, Claudio Marchisio (Alessio Cerci 68); Mario Balotelli (Alberto Gilardno 86) Pelatih: Cesare Prandelli

Mexico(4-4-2): Corona; Salcido, Rodriguez, Moreno, Flores; Guardado, Torrado, Zavala (Jimenez 86), Aquino (Mier 53);Giovani dos Santos, Javier Hernandez. Pelatih: Jose Manuel de la Torre

Komentar

Embed Widget
x