Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 Februari 2019 | 00:03 WIB

Messi Gemilang, Barcelona Menang

Oleh : Arif Budi Winarto | Senin, 2 September 2013 | 04:05 WIB

Berita Terkait

Messi Gemilang, Barcelona Menang
Lionel Messi - zimbio

INILAH.COM, Valencia - Barcelona akhirnya bisa memastikan tiga angka, setelah memenangi laga sengit melawan tuan rumah Valencia di Stadion Mestalla, Senin dini hari (2/9/2013) WIB.

Melakoni laga ketiga musim ini, pelatih Gerardo Martino kembali menerapkan formasi favoritnya, 4-3-3. Dengan memasang empat pemain belakang, Dani Alves, Gerard Pique, Javier Mascherano, Jordi Alba, di lini tengah, Martino masih mempercayakan pada trio Cesc Fabregas, Andres Iniesta, Sergio Busquets. Di lini serang, Neymar kembali turun sejak awal bersama Lionel Messi dan Pedro Rodriguez.

Sementara itu, di kubu tuan rumah pelatih Miroslav Djukic menggunakan pola 4-2-3-1 untuk meredam agresifitas lini tengah dan depan Blaugrana. Penyerang gaek Helder Postiga masih dipercaya menjadi target man. Posisinya didukung oleh trio Ever Benega, Michel dan Sergio Canales.

Kedua tim sama-sama mengincar kemenangan untuk meraih poin penting dalam perjalanan mereka menjadi kampiun musim ini. Hasilnya, Barca menang tipis 3-2 berkat hatrik Lionel Messi. Sementara, kedua gol Valencia dicetak oleh Helder Postiga.

Jalannya Pertandingan:

Meski bertanding di kandang Valencia, Stadion Mestalla, Barca tampil dominan sejak peluit awal dibunyikan. 10 menit awal belum ada yang gol yang tercipta. Barulah di menit 11, kejelian Sergio Busquets dan Iniesta memberikan umpan tarik memudahkan Lionel Messi membobol gawang El Che, 1-0 Barca unggul.

Ungul satu gol Blaugrana tak menurunkan serangan mereka. Menit ke-20, Neymar berpeluang mencetak gol pertamanya bagi Barca di musim 2013-14 kalau saja sepakannya tidak melambung tinggi di atas gawang Diego Costa. Tiga menit berselang, giliran Andres Iniesta melakukan percobaan, tendangannya dari luar kotak penalti masih melebar.

Menit 27, Cesc Fabregas mendapat bola sodoran Lionel Messi di dalam kotak penalti, pemain internasional Spanyol itu melepaskan tendangan kaki kanan keras yang masih bisa diamankan Diego Costa.

Valencia ganti balas menyerang di menit 31. Tendangan keras Dorlan Pabon dari luar kotak penalti berhasil ditepis Victor Valdes dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Tiga menit berselang dari peluang Pabon, ganti Ever Benega mengancam gawang Valdes. Tendangannya masih bisa dihalau kiper plontos tersebut.

Barca memperbesar keunggulan menjadi 2-0 melalui gol kedua Lionel Messi di menit 39. Menerima umpan terobosan di dalam kotak penalti, Messi melepaskan tendangan kaki kanan terukur yang tak bisa dijangkau Alves.

Messi menjadi momok bagi gawang Valencia di menit 40, pemain internasioal Argentina itu mencetak hat trick. Kali ini ia memanfaatkan sodoran pendek Neymar di dalam kotak penalti El che.

Tersengat tiga gol, El Che tak patah arang, mereka berhasil memangkas angka menjadi 3-1 setelah Helder Postiga sukses membobol gawang Valdes lewat tendangan first-time memanfaatkan umpan silang Canares dari sisi kiri pertahanan Blaugrana.

Postiga mencetak gol keduanya di masa injury time babak pertama. Memanfaatkan sepak pojok Ever Benega, tandukan Postiga mengarah tepat di tiang jauh gawang Valdes Sepak pojok dua kali masing-masing di menit 45 dan 46.

Skor 2-3 bertahan hingga jeda.

Di interval kedua, Barca meneruskan dominasinya, memegang hampir 63% penguasaan bola, Barceliona bertubi-tubi menguji barisan pertahanan El Che.

Sebaliknya, Valencia memanfaatkan serangan balik cepat dalam menekan kubu Blaugrana. Menit 54, Andres Guardadi melepaskan tendangan kaki kiri ke sisi kiri gawang Barca, beruntung Valdes masih bisa menyelamatakan gawangnya.

Menit 57, gantian Messi memperoleh ruang terbuka melepaskan tendangan, beruntung sepakannya masih lemah dan berhasil diamankan Diego Costa.

Memasuki satu jam laga berjalan, kedua tim bermain saling serang. Menit 63, Gerard Pique yang merangsek naik berhasil memenangkan duel udara dengan Adil Rami, sundulan Pique mampu diblok Costa.

Menambah daya serang, pelatih Miroslav Djukic memasukan Jonas menggantikan Sergio Canales di menit 70. Masuknya Jonas mampu menghidupkan serangan El Che.

Sembilan menit berada di lapangan, Jonas memperoleh peluang pertamanya. Memperoleh operan pendek dari Michel, Jonas membuka ruang tembak di sisi kanan pertahanan Barca, namun kesigapan Valdes mengagalkan usaha Jonas.

Kedua penjaga gawang tampil luar biasa. Costa dua kali mementahkan peluang Lionel Messi di menit 84 dan 85. Sementara Valdes berhasil membelokan arah bola sepakan terukur Jonas di menit 86.

Di penghujung laga, lagi-lagi Diego Costa tampil brilian, ia kembali mementahkan peluang matang Jordi Alba yang sudah tinggal berhadapan dengannya.

Sampai peluit panjang berbunyi, tak ada lagi gol yang tercipta di babak kedua, sehingga skor 3-2 untuk keunggulan Barcelona atas Valencia.

Dengan hasil ini, Barcelona masih berada di puncak klasmen dengan nilai sembilan dari hasil tiga pertandingan, sementara Valencia masih tertahan di peringkat 12 dengan raihan tiga poin dari tiga pertandingan yang telah dimainkannya. [arn]


Susunan Pemain:

Valencia (4-2-3-1): Diego Alves; Joao Pereira, Adil Rami, Ricardo Costa, Andres Guardado; Dorlan Pabon, Javi Fuego; Ever Banega (Sofiane Feghouli 68'), Michel (Daniel Parejo 81'), Sergio Canalesn(Jonas 69'); Helder Postiga. Pelatih: Miroslav Djukic.


Barcelona (4-3-3): Victor Valdes; Dani Alves, Gerard Pique, Javier Mascherano, Jordi Alba; Cesc Fabregas (Jonathan Dos Santos 80'), Sergio Busquets, Andres Iniesta; Pedro Rodriguez (Cristian Tello 72'), Lionel Messi, Neymar. Pelatih: Gerardo Martino.

Komentar

Embed Widget
x