Find and Follow Us

Sabtu, 25 Januari 2020 | 06:07 WIB

Spanyol Susah Payah Kalahkan Finlandia

Oleh : Arif Budi Winarto | Sabtu, 7 September 2013 | 03:24 WIB
Spanyol Susah Payah Kalahkan Finlandia
ist
facebook twitter

INILAH.COM, Helsinki - Spanyol dengan susah payah akhirnya berhasil menundukan tuan rumah Finlandia dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2014 grup I di Stadion Olimpiade Helsinki, Sabtu dinihari (7/9/2013).

Ditahan imbang 1-1 dipertemuan pertama, pelatih Vicente Del Bosque menargetkan poin penuh di kandang Finlandia. Di lini serang, ia menurunkan trisula maut Cesc Fabregas, David Villa dan Pedro Rodriguez.

Sementara di lini tengah, Del Bosque menurunkan dua nama baru di tim senior, Mario Suarez dan Koke. Keduanya mendampingin duo gelandang enerjik Andres Iniesta dan Xavi Hernandez. Untuk lini belakang, Del Bosque masih mempercayakan Sergio Ramos sebagai komandan pertahanan. Sementara penjaga gawang, Iker Cassilas masih dipercaya mengawal gawang tim Matador.

Tuan rumah Finlandia memakai formasi 4-5-1 dimana pelatih Mixu Paatelainen menumpuk lima pemain di lapangan tengah dengan maksud untuk menghambat aliran bola cepat ke lini depan Spanyol. Formasi ini sama seperti yang digunakan kala sukses menahan imbang Spanyol di kandanganya sendiri Maret silam.

Mendominasi jalannya pertandinangan, anak asuh Vicente Del Bosque sempat mengalami kesulitan membongkar solidnya pertahanan Finlandia.

Jalannya pertandingan:

Tak ingin mengulangi hasil imbang 1-1 pada Maret silam, anak asuh Vicente Del Bosque langsung tancap gas saat peluit pertama ditiup.

Tetap mempertahankan gaya bermain tiki-taka dengan Xavi Hernandez dan Andres Iniesta sebagai poros, Spanyol mendominasi jalannya laga.

Spanyol memperoleh peluang pertamanya di menit ketujuh. David Silva yang mendapat sodoran Mario Suarez di sisi kiri pertahanan Finlandia melepaskan tendangan terukur ke tiang dekat, namun usahanya masih bisa digagalkan kiper Niki Maenpaa.

Setelah 15 menit pertandingan berjalan, La Furia Rojas mutlak menguasai jalannya pertandingan, namun ketatnya pertahanan berlapis yang diterapkan tuan rumah menyulitkan para penyerang Spanyol melakukan penetrasi hingga masuk ke kotak 12 pas.

Sebaliknya, keasikan menyerang, gawang Casillas hampir saja bobol di menit 17. Teemu Pukki berhasil mengecoh Sergio Ramos di dalam kotak penalti, ia mengirim umpan mendatar yang hampir salah diantisipasi oleh Raul Albiol, beruntung Casillas dengan cekatan menghalau bola liar dengan kakinya.

Spanyol akhirnya membuka angka di menit ke-18. Sebuah umpan panjang terukur Fabregas mampu diterima baik Jordi Alba yang melakukan tusukan dari sisi kiri.

Dengan sekali kontrol, sontekan kaki kanan pemain Barcelona itu bersarang di gawang Finlandia, 1-0 Spanyol unggul.

Empat menit berselang, lagi-lagi lewat skema serang balik cepat. Pukki berhasil melewati Ramos dan melepaskan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti, sayang sepakanya melambung tinggi dari gawang Casillas.

David Villa hampir saja menambah keunggulan Spanyol di menit ke-28 jika saja tendangan kaki kirinya dari dalam kotak penalti tak melenceng beberapa senti meter dari gawang Finlandia.

Memasuki setengah jam laga, Spanyol mencatat penguasaan bola 78% berbanding 22%. Namun, rapatnya barisan belakang tuan rumah membuat mereka frustasi.

Beberapa kali umpan terbosan Spanyol dapat dipotong bek Finlandia, sehingga memaksa para penyerang dan gelandang Tim Matador melepaskan sejumlah tendangan spekulasi dari luar kotak penalti.

Hingga turun minum, tak ada peluang berarti dan skor 0-1 tetap bertahan untuk Spanyol.

Interval kedua dimulai, Finlandia coba mengancam terlebih dahulu di menit ke-50. Teemu Tainio berhasil membuka ruang tembak di sisi kiri pertahan Spanyol, ia melepaskan tendangan keras yang masih membentur paha Raul Albiol.

Menambah daya serang lewat sayap, pelatih Vicente Del Bosque memasukan Jesus Navas di menit ke-55 menggantikan David Villa.

Menit ke-57, Mario Suarez yang didorong lebih ketengah usai masuknya Navas melakukan percobaan dari luar kotak penalti, tendangan kaki kirinya belum menemui sasaran.

Menit ke-63, Finlandia hampir saja menyamakan angka. Sepak pojok Roman Eremenko berhasil ditanduk Teemu Tainio, sayang bola masih menyamping dari gawang Casillas.

Lima menit berselang, sebuah kemelut di depan gawang Finlandia hampir saja bisa dimanfaatkan Pedro Rodriguez jadi gol, beruntung dua bek Finlandia bisa menutup arah tendangan Pedro sehingga bola menjauh dari kotak penalti.

Del Bosque kembali melakukan pergantian pemain di menit ke-71, Cesc Fabregas ditarik keluar digantikan Alvaro Negredo. Empat menit berada di lapangan, Negredo berpeluang memperbesar angka di menit ke-75.

Menerima umpan tarik Xavi dari lapangan tengah, Negredo yang berada di dalam kotak penalti langsung berbalik badan sembari melepaskan tendangan keras ke pojok kiri bawah, beruntung Pasanen mampu memblok bola tendangan penyerang Manchester City itu.

Tuan rumah tak diam saja, dua menit berselang, Pukki lagi-lagi merepotkan barisan belakang Tim Matador. Mendapat umpan lambung dari Riski, ia hanya tinggal berhadapan dengan Casillas namun ia kurang tenang dalam mengeksekusi bola sehingga tendanganya melayang tinggi.

Spanyol akhirnya mampu memperbesar keunggulan menjadi 2-0 di menit ke-86. Berawal dari umpan terobosan Iniesta ke sisi kanan, Jesus Navas lolos dari jebakan offside, dengan satu sentuhan ia mengirim bola ke tengah kotak penalti Finlandia yang langsung disambut oleh Alvaro Negredo, gollll.... !!!

Usai memastikan gol keduanya, anak asuh Vicente Del Bosque menurunkan tensi serangan mereka menganggap hasilb tersebut sudah cukup.

Hingga wasit meniup peluit panjang, skor 2-0 tak berubah untuk kemenangan Spanyol. Dengan hasil ini semakin mengokohkan Spanyol di puncak klasemen Grup I dengan 14 poin dari enam laga, sementara Finlandia masih berada di posisi juru kunci dengan nilai 2 dari empat kali main.[yob]

Susunan Pemain:

FINLANDIA (4-5-1): Niki Menp; Joona Toivio, Niklas Moisander, Petri Pasanen, Kari Arkivou; Alexander Ring (Kasper Hamalainen 69'), Teemu Tainio (Riku Riski 69'), Markus Halsti, Rasmus Schuller, Roaman Eremenko; Teemu Pukki (Erfan Zeneli 81'). Pelatih: Mixu Paatelainen.

SPANYOL (4-3-3): Iker Casillas; Koke, Sergio Ramos, Raul Albiol, Jordi Alba; Mario Surez, Xavi Hernandez, Andres Iniesta; Pedro Rodriguez (Santi Cazorla 81'), Cesc Fabregas (Alvaro Negredo 71'), David Villa (Jesus Navas 55'). Pelatih: Vicente Del Bosque.

Komentar

x