Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 19 Oktober 2018 | 12:19 WIB

Apa Alasan Kontrak Indra Sjafri Tak Diperpanjang?

Oleh : Andre Syamsurizal | Selasa, 21 November 2017 | 21:05 WIB

Berita Terkait

Apa Alasan Kontrak Indra Sjafri Tak Diperpanjang?
Indra Sjafri - (Foto: Inilahcom/Andre Syamsurizal)

INILAHCOM, Jakarta - Kontrak Indra Sjafri sebagai pelatih timnas U19 telah resmi tidak diperpanjang. Namun alasan utama tidak diperpanjangnya kontrak itu bukan karena performa timnas U19.

Indra Sjafri telah dua kali menjabat pelatih tim nasional Indonesia U19. Akan tetapi periode kedua Indra Sjafri sebagai pelatih timnas U19 secara prestasi tidak mampu menyamai pencapaiannya di periode pertama.

Ketika menukangi timnas U19 tahun 2012 hingga 2014, Indra sukses membawa timnya menjuarai Piala AFF U19 di tahun 2013. Ia juga sukses membawa Indonesia ke Piala Asia U19 2014 dengan memenangkan seluruh babak kualifikasi.

Sementara pada periode keduanya, Indonesia gagal menjadi juara di ajang AFF. Di kejuaraan yang diadakan bulan September lalu, Indonesia harus puas dengan posisi ketiga.

Piala Asia U19 akan diadakan tahun depan Indonesia sudah lolos sebagai tuan rumah, namun ikut kualifikasi sebagai ajang percobaan. Tetapi hasil yang diperoleh di ajang tersebut kurang memuaskan karena dikalahkan dua kali.

Akhirnya kontrak Indra yang berakhir bulan Desember tidak diperpanjang PSSI. Meski demikian, alasan hasil yang diperoleh timnas U19 di ajang-ajang sebelumnya bukan faktor utama keputusan tersebut.

Indra akan ditempatkan sebagai salah satu ahli persiapan pemain timnas untuk kejuaraan-kejuaraan di beberapa tahun yang akan datang. PSSI memiliki rancangan untuk mempersiapkan timnas mudanya untuk kejuaraan dengan lebih awal.

"Memang ada faktor evaluasi penampilan timnas U19 sebagai alasan kami tidak melanjutkan kontrak coach Indra. Tetapi alasan itu bukanlah hal yang utama untuk keputusan ini," terang Sekjen PSSI, Ratu Tisha saat jumpa pers di Jakarta, Selasa (21/11/2017).

"PSSI sudah mempersiapkan fase pengembangan pemain timnas di masa depan untuk jangka panjang. Oleh karena itu kami perlu ahli-ahli seperti coach Indra untuk melaksanakan fase jangka panjang ini," lanjut Tisha.

Komentar

Embed Widget
x