Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 19 Februari 2018 | 15:16 WIB
 

Indra Sjafri Bicara soal Pemain Lokal di Liga

Oleh : Arif Budiwinarto | Selasa, 9 Januari 2018 | 20:10 WIB
Indra Sjafri Bicara soal Pemain Lokal di Liga
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Indra Sjafri mengakui kontestan Liga 1 tak bisa mengesampingkan peran pemain asing. Dia berharap pemain muda mendapat kesempatan bermain di liga-liga di bawahnya.

Bersaing di level kompetisi tertinggi seperti Liga 1 memaksa klub-klub menggunakan jasa pemain asing. Hal ini berimbas pada berkurangnya kesempatan pemain lokal.

Melihat tren demikian, Indra Sjafri menekankan pentingnya penggemblengan pemain lokal yang nantinya bermuara pada pembentukan tim nasional. Dia berharap klub-klub memiliki kebijakan mendukung pembinaan talenta dalam negeri.

"Saya satu tahun tidak di liga, jadi saya tidak tahu pemain asing yang masuk itu bagus atau tidak. Kami sekarang punya Liga 1 sampai 3. Jangan keluar dari konteks apa pun, kegiatan sepak bola di Indonesia ini ujung-ujungnya untuk timnas," kata Indra kepada wartawan di Jakarta, Selasa (9/1/2018) siang.

"Ini kan harusnya untuk keperluan timnas, jadi harus memberikan kesempatan sebesar-besarnya kepada pemain kita. Kami rasakan di timnas sulit mencari pemain depan atau striker, karena posisi penting ditempati pemain asing," lanjut mantan pelatih timnas U-19 itu.

Jika klub-klub di Liga 1 tak bisa lepas dari pemain asing, maka solusinya klub di Liga 2 dan Liga 3 harus membuka kesempatan seluas-luasnya bagi pemain-pemain muda.

"Saya berharap Liga 2 dan 3 menjadi wadah untuk memberi kesempatan kepada pemain muda. Di Liga 1 benar-benar profesional, karena kalau tidak ada asing juga tidak bisa, karena ini kan arahnya untuk sepak bola industri. Kalau bicara industri kami bicara brand, bicara daya tarik. Daya tarik asing mungkin lebih baik," pungkasnya.[rza]

Komentar

 
Embed Widget

x