Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 Agustus 2018 | 13:41 WIB

Rekor Transfer Klub Liga Inggris di Januari 2018

Oleh : Arif Budiwinarto | Jumat, 2 Februari 2018 | 04:02 WIB
Rekor Transfer Klub Liga Inggris di Januari 2018
(Foto: Gettyimages)

INILAHCOM, Jakarta - Jendela transfer tengah musim sudah ditutup, klub-klub Liga Premier Inggris membelanjakan dana besar untuk mendapatkan pemain incarannya. Ada rekor baru yang tercipta setelahnya, apa itu?

Bursa transfer Januari 2018 berakhir pada, Rabu (31/1/2018) tengah malam waktu setempat. Klub-klub besar seperti Manchester United, Manchester City, Chelsea, Liverpool dan Arsenal berhasil mendaratkan pemain incarannya.

Deloitte Sports Business Group menghitung-hitung dana transfer yang berputar sepanjang Januari kemarin. Hasilnya mengejutkan, total 20 klub Liga Premier Inggris 2017-18 menghabiskan dana hingga 430 juta Pounds (8,2 triliun Rupiah).

Jumlah itu hampir dua kali lipat rekor transfer di awal tahun 2017 yang mencapai angka 225 juta Pounds (4,3 triliun Rupiah).

Sedangkan jika dihitung dari belanja pemain di awal musim 2017-18, klub Liga Premier Inggris sudah menggelontorkan dana hingga 1,9 triliun Pounds melewati rekor pengeluaran musim lalu di angka 1,4 miliar Pounds.

Juru bicara Deloitte, Partner Dan Jones, mengatakan tren belanja besar di bursa Januari tahun ini karena sisa pertandingan di paruh kedua menjadi penentu tercapai atau tidaknya target mereka musim ini.

Oleh karena itu, klub tak segan menggelontorkan dana besar guna membeli pemain yang tujuannya memperkuat skuad.

"Klub-klub Liga Premier Inggris mengambil kesempatan menyegarkan skuad mereka di bulan Januari sebelum fase menentukan musim ini," jelas Jones.

Liverpool menjadi klub dengan pengeluaran terbesar Januari kemarin, mereka merogoh kocek 75 juta Pounds untuk memboyong bek Virgil Van Dijk dari Southampton. Kemudian ada Manchester City yang mendatangkan bek Aymeric Laporte dari Athletic Bilbao dengan nilai 57 juta Pounds.

Manchester United mendapatkan Alexis Sanchez dengan skema pertukaran pemain Henrikh Mkhitaryan ke Arsenal. The Gunners mendapatkan Pierre-Emerick Aubameyang dari Borussia Dortmund dengan nilai 56 juta Pounds.

Di saat bersamaan, Arsenal resmi melepas Olivier Giroud yang bergabung ke Chelsea, sedangkan The Blues melepas Michy Batshuayi ke Borussia Dortmund sebagai pemain pinjaman dengan opsi permanen di akhir musim.

Sumber: ESPN

Komentar

x