Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 22 Februari 2018 | 00:30 WIB
 

Valverde Masih Meraba Posisi Ideal Coutinho

Oleh : Arif Budiwinarto | Sabtu, 3 Februari 2018 | 19:06 WIB
Valverde Masih Meraba Posisi Ideal Coutinho
(Foto: Gettyimages)

INILAHCOM, Jakarta - Philippe Coutinho sudah tiga kali tampil bersama Barcelona, akan tetapi Ernesto Valverde belum menemukan posisi yang pas bagi rekrutan mahalnya itu.

Barca mendatangkan Coutinho dari Liverpool di awal Januari kemarin dengan nilai transfer 140 juta Euro yang menjadikannya pemain termahal dunia kedua.

Coutinho melakoni debut saat Barca mengalahkan Espanyol di pertandingan leh kedua perempatfinal Piala Raja Spanyol. Di laga tersebut, pemain 25 tahun masuk menggantikan Andres Iniesta di menit ke-68.

22 menit berada di lapangan, Coutinho bisa melepaskan dua shots on goal. Dari heat-map yang disajikan Marca terlihat Coutinho lebih banyak bergerak di sisi kiri lapangan.

Area tersebut menjadi tempat operasi Coutinho saat masih berseragam Liverpool. Dia kerap melakukan gerakan cut back yang diakhiri sepakan terukur dari luar kotak penalti. Tak sedikit gol yang tercipta melalui cara seperti itu.

Di pertandingan keduanya bersama Barca, laga perdana di La Liga, Coutinho bermain selama 34 menit di babak kedua saat menghadapi Alaves. Di pertandingan ini, Valverde menginstruksikan mantan pemain Inter Milan itu mengeksplorasi sisi kanan lebar lapangan.

Sayangnya, ini bukan daerah operasi yang cukup bersahabat bagi Countinho. Heat-map menunjukkan dia terbatas sampai sepertiga area permainan lawan, dan hanya beberapa kesempatan bisa berada di tepi sisi kotak penalti lawan.

Kembali menjadi pemain pengganti saat jumpa Valencia di leg pertama semifinal Piala Raja Spanyol. Countinho mulanya beroperasi di sisi kanan permainan Barca, lalu bergeser ke tengah dan lebih banyak berada di sayap kiri.

Di penampilan ketiganya ini, Coutinho menunjukkan peningkatan area jangkauan. Dia beberapa kali mampu melakukan penetrasi hingga area penalti lawan. Sayang, belum ada gol yang bisa ia buat.

Dari tiga pertandingan tersebut mengindikasikan Valverde masih meraba-raba posisi yang pas untuk Coutinho karena Barca punya stok gelandang berlimpah mulai dari Andres Iniesta, Ivan Rakitic, Andre Gomes, Sergio Busquets hingga Denis Suarez.

Komentar

 
Embed Widget

x