Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 21 Oktober 2018 | 08:48 WIB

Percakapan Wasit Sebelum Liverpool Dihukum Penalti

Oleh : Arif Budiwinarto | Selasa, 6 Februari 2018 | 15:14 WIB

Berita Terkait

Percakapan Wasit Sebelum Liverpool Dihukum Penalti
(Foto: marca)

INILAHCOM, London - Kontroversi penalti dalam laga Liverpool kontra Tottenham Hotspur masih berlanjut. Baru-baru ini muncul potongan percakapan wasit dan asistennya terkait penalti pertama Spurs.

Liverpool harus puas berbagi angka setelah ditahan imbang Spurs 2-2 di Anfield, Minggu (4/2/2018) kemarin. Dalam pertandingan tersebut, The Reds dihukum dua penalti kontroversial.

Saat kedudukan imbang 1-1, Tottenham mendapat penalti di menit ke-83 setelah wasit menganggap Loris Karius melakukan pelanggaran kepada Harry Kane di kotak penalti.

Keputusan wasit John Moss sempat diprotes pemain Liverpool karena menganggap Kane berada dalam posisi offside saat mengejar bola terobosan. Wasit kemudian meminta pandangan asistennya, Ed Smart.

Rekaman percakapan kedua perangkat pertandingan tersebut terekam kamera televisi Skysports. Beberapa kali keduanya menyebut nama bek Liverpool Dejan Lovren.

Ed Smart menilai ada usaha dari Lovren untuk menghalangi bola terobosan ke Kane menggunakan tangannya. Pertimbangannya, Lovren mencoba melakukan hal tersebut karena sudah mengira posisi Kane tidak offside.

Akan tetapi, mereka tidak menyinggung soal pelanggaran Karius kepada Kane yang dalam tayangan lambat berbau diving.

Berikut petikan percakapan sebelum penalti pertama diberikan

Ed Smart (asisten wasit): Sepengetahuan saya Lovren berusaha menyentuh bola

John Moss (wasit): Saya tidak tahu

Ed Smart: Jika dia tidak berusaha menyentuh bola, maka Kane dalam posisi offside, dan tidak penalti.

Christian Eriksen (kapten Tottenham): Dia (Lovren) menyentuh bola

Emre Can (kapten Liverpool): Dia tidak melakukannya

Ed Smart: Anda tahu apa yang saya katakan. Saya ingin mengklarifikasi bahwa Lovren menyentuh bola.

John Moss: Jujur saja, saya tidak melihat Lovren menyentuh bola. Bisakah Anda melihatnya di tivi. Saya sudah memberikan penalti.

Dalam tayangan ulang proses terjadinya penalti pertama Spurs, Lovren sempat terjatuh saat berusah memblok laju bola yang dikirimkan kepada Kane. Tetapi, tangannya tidak dalam posisi aktif.

Tak sampai disitu, The Reds harus kehilangan tiga poin setelah di masa injury Spurs kembali mendapat penalti kontroversi yang melibatkan Vigil Van Dijk dan Erik Lamela.

Van Dijk diklaim melakukan pelanggaran kepada Lamela di kotak penalti. Kane tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut untuk mencetak gol ke-100 di Liga Premier Inggris. Sebelumnya, dia gagal mengeksekusi penalti pertama.

Sumber: Marca

Komentar

Embed Widget
x