Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 19 Februari 2018 | 04:52 WIB
 

Leg I Babak 16 Besar Liga Champions Eropa

Liverpool Pesta Gol ke Gawang FC Porto 5-0

Oleh : Arif Budiwinarto | Kamis, 15 Februari 2018 | 05:41 WIB
Liverpool Pesta Gol ke Gawang FC Porto 5-0
(Foto: gettyimages)

INILAHCOM, Porto - Liverpool membawa pulang modal bagus dari lawatan mereka ke kandang FC Porto. Dengan kemenangan telak 5-0, satu kaki The Reds sudah berada di babak perempatfinal Liga Champions Eropa.

Bertamu ke Estadio do Dragao, Kamis (15/2/2018) dini hari WIB, trio Liverpool Sadio Mane, Roberto Firmino dan Mohamed Salah menjadi mimpi buruk barisan belakang Porto.

Meski bermain di kandang lawan, Liverpool tetap mampu mendominasi pertandingan dengan penguasaan bola mencapai 53 persen berbanding 47 persen.

Ada 11 percobaan yang dilepaskan Liverpool, dengan enam diantaranya mengarah ke sasaran. Porto sebenarnya mampu menghadirkan empat shots on target tetapi tidak ada satupun yang berbuah gol.

Liverpool membuka keunggulan di menit ke-25, Sadio Mane mencetak gol pertamanya. Berawal dari upaya Giorginio Wijnaldum yang berusaha merangsek ke pertahanan Porto tetapi bola dari kakinya lepas, tapi bisa dikuasai Mane di kotak penalti.

Sepakan Mane sebenarnya tak terlalu keras dan harusnya bisa diamankan kiper Jose Sa, namun dia membuat kesalahan. Bola malah masuk lewat bawah badannya.

Hanya berselang empat menit, giliran Mohamed Salah yang mencatatkan namanya di papan skor. Sepakan James Milner mengenai tiang gawang, bola muntah diteruskan Salah dengan terlebih dulu mengecoh kiper Jose Sa.

Tuan rumah berpeluang menipiskan skor di menit akhir babak pertama, tetapi sepakan Marquinhos masih melenceng tipis dari gawang Liverpool.

Di babak kedua, The Reds semakin percaya diri mengendalikan permanan. Mereka menjauhkan keunggulan jadi 3-0 di menit ke-53.

Berawal dari skema serangan balik cepat, Salah memberikan umpan kepada Firmino yang meneruskannya dengan sepakan keras. Bola bisa diblok Jose Sa, tapi Mane muncul untuk menyambar bola rebound untuk jadi gol.

Liverpool semakin menjauh di menit ke-69. Kali ini giliran Firmino yang mencatatkan namanya di papan skor. Tanpa kesulitan Firmino meneruskan umpan Milner di sisi kiri.

Mane menutup pesta gol di menit ke-85 setelah mencetk hatrik. Dalam sebuah serangan balik, dia menaklukkan Jose Sa dengan tembakan dari luar kotak penalti. Liverpool pun unggul 5-0 dan skor ini bertahan hingga akhir laga.

Kemenangan besar ini membuat Liverpool berada di ambang kelolosan ke perempatfinal. Di leg kedua, mereka akan menjamu Porto di Anfield pada 6 Maret 2018.

Susunan Pemain

Porto: Jose Sa; Ricardo Pereira, Reyes, Marcano, Alex Telles; Hector Herrera, Sergio Oliveira, Otavio (Jesus Corona 46'); Brahimi (Waris 62'), Marega, Tiquinho Soares (Paciencia 74')

Liverpool: Karius; Alexander-Arnold (Gomez 79'), Van Dijk, Lovren, Robertson; Milner, Henderson (Matip 75'), Wijnaldum; Mane, Salah, Firmino (Ings 80')

Komentar

 
Embed Widget

x