Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 16 November 2018 | 08:44 WIB

Aturan Baru di Kompetisi Eropa Musim 2018/19

Oleh : Reza Adi Surya | Rabu, 28 Maret 2018 | 05:03 WIB

Berita Terkait

Aturan Baru di Kompetisi Eropa Musim 2018/19
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Zurich - Ada beberapa perubahan peraturan yang ditetapkan UEFA untuk kompetisi Liga Champions dan Liga Europa musim 2018/19. Salah satunya adalah soal jumlah pergantian pemain.

Beberapa aturan baru yang ditetapkan UEFA adalah hasil dari pertemuan beberapa klub di Zurich, Swiss, 3 Maret lalu. Salah satu aturan baru yang diterapkan musim depan adalah jumlah pergantian menjadi empat. Hanya saja, satu pergantian pemain tambahan boleh dilakukan di babak ekstra time.

Selain itu, ada beberapa aturan baru yang diterapkan UEFA di Liga Champions dan Liga Europa musim 2018/19. Berikut adalah beberapa perubahan tersebut:

1. Empat pergantian pemain boleh dilakukan mulai musim depan. Dengan catatan, pergantian pemain keempat hanya bisa dilakukan di babak knock-out yang memungkinkan terjadinya babak ekstra time (tambahan waktu 2x15 menit).

2. Untuk pertandingan final Liga Champions, Liga Europa, dan Piala Super Eropa, setiap tim diperbolehkan mendaftarkan 23 pemain. Sebelumnya, setiap tim hanya boleh mendaftarkan 18 pemain (tujuh di antaranya pemain cadangan). Kini, pemain cadangan menjadi 11 orang.

3. Aturan baru selanjutnya adalah perubahan kick-off playoff Liga Champions, fase grup, babak 16 besar, perempatfinal, semifinal, dan final. Semua laga dimulai pukul 21.00 CET (Waktu Eropa Tengah). Tapi, untuk pertandingan fase grup dimulai pukul 18.55 CET.

4. Setiap klub boleh mendaftarkan tiga pemain baru tanpa syarat di fase gugur. Artinya, kasus seperti Pierre-Emerick Aubameyang yang tak boleh memperkuat Arsenal karena sebelumnya tampi bersama Dortmund ditiadakan.

Komentar

Embed Widget
x