Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 April 2018 | 11:50 WIB
 

Tidak Ada Wasit Inggris di Piala Dunia 2018

Oleh : Arif Budiwinarto | Jumat, 30 Maret 2018 | 16:07 WIB
Tidak Ada Wasit Inggris di Piala Dunia 2018
(Foto: espn)

INILAHCOM, Jakarta - Tidak ada wasit asal Inggris di Piala Dunia 2018, FIFA memastikan keputusan tersebut jauh dari unsur politis.

Kamis (29/3/2018) kemarin, FIFA mengumumkan formasi perangkat pertandingan di Piala Dunia 2018 yang terdiri dari 36 wasit dan 63 asisten wasit. Pemilihan mereka sudah ditentukan sejak November lalu.

Dari jumlah tersebut tak satupun perangkat pertandingan yang berasal dari Inggris. Situasi ini menimbulkan spekulasi terkait sedang memanasnya hubungan Inggris-Rusia.

Isu ini disanggah FIFA. Penentuan perangkat pertandingan didasarkan pada pemahaman mereka bagaimana dinamika sebuah pertandingan sepak bola.

"Setiap wasit memiliki skil dan kepribadian, serta level pemahaman sepak bola dan kemampuan baik membaca pertandingan dan variasi taktik dimainkan oleh tim," demikian pernyataan FIFA.

Tetapi, Inggris bukan satu-satunya. Ada empat negara lainnya dari total delapan negara yang mengadopsi teknologi VAR di kompetisi domestik tetapi wasit mereka tidak akan memimpin pertandingan di Rusia 2018.

Australia, Belgia, Portugal dan Korea Selatan tidak punya wakil wasit di piala dunia tahun ini meskipun mereka sudah menggunakan VAR. Sedangkan empat negara lain pengguna VAR seperti Jerman, Italia, Polandia dan Amerika Serikat menempatkan minimal satu wasit dan satu asisten wasit.

Amerika Serikat yang tidak lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 mendapat jatah dua wasit utama, Mark Greiger dan Jair Marrufo, serta dua asisten wasit, Frank Anderson dan Corey Rockwell.

Sumber: ESPN

Komentar

 
Embed Widget

x