Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 April 2018 | 11:43 WIB
 

Menang 3-2, MU Tunda Pesta Juara Man City

Oleh : Arif Budiwinarto | Minggu, 8 April 2018 | 01:38 WIB
Menang 3-2, MU Tunda Pesta Juara Man City
(Foto: gettyimages)

INILAHCOM, Manchester - Manchester United benar-benar mampu menunda pesta juara Manchester City. Sempat tertinggal dua gol, MU menutup pertandingan dengan kemenangan 2-3.

Dalam laga derbi Manchester di Etihad Stadium, Sabtu (7/4/2018) malam WIB, Pep Guardiola mencadangkan Kevin De Bruyne dan Sergio Aguero. Mereka disimpan untuk menghadapi laga kontra Liverpool di perempatfinal Liga Champions Eropa.

Bermain di depan pendukungnya sendiri, City mendominasi penguasaan bola hingga 63 persen sedangkan Setan Merah 37 persen. Ada 11 percobaan yang dilepaskan City, sedangkan United hanya lima kali melepaskan shots.

Kendati demikian, United lebih efektif. Mereka mampu mencetak tiga gol di babak kedua setelah tertinggal dua gol di babak pertama.

Jalannya Pertandingan

Manchester City berusaha mencetak gol cepat di pertandingan tersebut dengan mengurung pertahanan United sejak menit awal. Solidnya barisan belakang MU membuat tuan rumah masih kesulitan membuka keunggulan.

Mereka baru bisa mencetak gol di menit ke-22. Berawal dari sepak pojok Leroy Sane, Vincent Kompany mampu lolos dari pengawalan Chris Smalling kemudian membelokkan bola menggunakan sundulan kepala yang gagal dibendung David De Gea.

Lima menit berselang, City menggandakan skor. Diawali penetrasi Raheem Sterling di sisi kanan kotak penalti MU, ia melepaskan umpan mendatar kepada Ilkay Gundogan. Dengan memutar badan, pemain asal Jerman itu mengecoh bek MU yang mengawalnya untuk kemudian melepaskan sepakan terukur ke pojok kiri bawah gawang De Gea.

Unggul dua gol di babak pertama, permainan City sebenarnya tidak berubah di paruh kedua. Mereka masih dominan dalam penguasaan bola.

Sedangkan MU lebih bisa bermain lepas ketimbang di babak pertama. Hasilnya. serangan balik cepat yang dirancang berbuah gol di menit ke-53. Adalah Paul Pogba yang menjadikan skor 2-1, ia meneruskan umpan terukur dari Ander Herrera.

Publik Etihad Stadium terhenyak tiga menit berselang, lagi-lagi Pogba penyebabnya. Gelandang serang Prancis itu dengan cerdik melihat sisi lowong di antara pemain City dalam situasi tendangan bebas.

Melihat Sanchez mengarahkan bola lambung ke area penalti, Pogba dengan leluasa mendahului Nicolas Otamendi dan melakukan sundulan mengarahkan bola ke sisi kanan bawah gawang City tanpa bisa digagalkan Ederson Moraes. Skor imbang 2-2.

Dua gol Pogba melecut semangat pemain MU di sisa menit yang ada. Mereka mampu memberikan respon berarti ke lini pertahanan City lewat sisi kiri yang ditempati Alexis Sanchez.

Menit ke-69, MU membalikkan kedudukan jadi 2-3 setelah Smalling meneruskan umpan tendangan bebas Sanchez. Tanpa ada pengawalan, Smalling dengan leluasa mendorong bola ke gawang dari jarak dekat.

Dalam situasi tertinggal, Pep Guardiola terpaksa memasukkan Kevin De Bruyne dan Sergio Aguero untuk menambah daya serang. Namun, di sisa menit yang ada kedua tim gagal menambah gol. MU menang 3-2 dari Manchester City.

Dengan kekalahan tersebut, City harus menunda pesta juara. Dari 32 pertandinga, City mengemas 84 poin sedangkan Setan Merah di urutan dua dengan selisih 13 poin.

Susunan Pemain

Man City: Ederson; Danilo, Kompany, Otamendi, Delph; Gundogan (Aguero 76'), Fernandinho, David Silva (De Bruyne 72'); Bernardo Silva (Jesus 72'), Sterling, Leroy Sane

Man United: De Gea; Young, Bailly, Smalling, Valencia; Matic, Herrera (Lindelof 90'); Sanchez (Rashford 82'), Pogba, Lingard (McTominay 85'); Lukaku

Komentar

 
Embed Widget

x