Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 20 September 2018 | 01:47 WIB

Dua Bulan Jelang Piala Dunia Jepang Pecat Pelatih

Oleh : Arif Budiwinarto | Senin, 9 April 2018 | 18:04 WIB

Berita Terkait

Dua Bulan Jelang Piala Dunia Jepang Pecat Pelatih
(Foto: gettyimages)

INILAHCOM, Tokyo - Dua bulan jelang kickoff Piala Dunia 2018, Federasi Sepakbola Jepang (JFA) membuat keputusan mengejutkan dengan memecat Vahid Halilhodzic dari jabatan pelatih kepala timnas Jepang.

Dilansir dari Soccerway, JFA belum memberikan penjelasan resmi mengenai pemecatan pelatih kebangsaan Bosnia itu. Dua hasil kurang memuaskan di laga ujicoba internasional masing-masing ditahan imbang Mali 1-1 serta kalah 2-1 dari Ukraina disebut-sebut menjadi alasan utama federasi memecat pelatih yang pernah membawa Aljazair melaju ke 16 besar Piala Dunia 2014.

Sebagai gantinya, federasi menunjuk mantan pemain timnas Jepang dan Gamba Osaka, Akira Nishino, sebagai pelatih baru Shinji Kagawa dkk.

Nishino hanya punya waktu 10 pekan persiapan sebelum tim Samurai Biru memainkan laga perdana Grup H Piala Dunia 2018 melawan Kolombia di Saransk pada 19 Juni mendatang.

Sebelum bertolak ke Rusia, Jepang masih akan melakoni dua laga ujicoba di bulan Juni mendatang melaan Swiss dan Paraguay.

Sejak menjabat pelatih kepala timnas Jepang pada Maret 2015, Halilhodzic terbilang cukup baik menangani timnas Jepang. Ia mampu meloloskan tim Asia Timur itu ke putaran final Rusia 2018 dengan menjadi juara Grup B di babak kualifikasi Zona Asia.

Ini bukan kali pertama, Halilhodzic dipecat mendekati sebuah turnamen besar. Pada 2014, ia didepak dari kursi kepelatihan timnas Pantai Gading karena gagal lolos ke Brasil, kemudian dia bergabung dengan timnas Aljazair.

Komentar

x