Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 22 September 2018 | 14:18 WIB

Klopp Perpanjang Catatan Impresif atas Guardiola

Oleh : Arif Budiwinarto | Rabu, 11 April 2018 | 16:15 WIB

Berita Terkait

Klopp Perpanjang Catatan Impresif atas Guardiola
(Foto: Gettyimages)

INILAHCOM, Manchester - Keberhasilan Liverpool menyingkirkan Manchester City dari Liga Champions Eropa sekaligus memperpanjang catatan impresif Jurgen Klopp saat jumpa Pep Guardiola.

Liverpool melaju ke semifinal berkat keunggulan agregat 5-1 atas City. Menang 3-0 di leg pertama, The Reds kembali mengalahkan The Citizens 1-2 di leg kedua yang berlangsung di Etihad Stadium, Rabu (11/4/2018) dini hari WIB.

Musim ini, dari empat pertemuan kedua tim The Reds mendominasi dengan tiga kemenangan serta sekali kalah. The Citizens membukukan satu kemenangan dengan skor telak 5-0 di paruh pertama musim ini.

Bagi Guardiola, ini menjadi musim kelima ia selalu pupus di fase knockout Liga Champions Eropa sedangkan Liverpool untuk pertama kalinya melaju ke final sejak 2007-08.

Klopp pun memperpanjang catatan impresifnya saat jumpa Guardiola. Pelatih asal Jerman sudah tujuh kali mengalahkan Guardiola di semua ajang.

Berikut catatan yang tercipta usai Liverpool mengalahkan Manchester City seperti dikutip dari BBC:

- Liverpool mencapai semifinal Liga Champions Eropa untuk untuk kesepuluh kali. Mereka masih dibawah Manchester United yang sudah 12 kali main di semifinal di kejuaraan serupa.

- Pep belum pernah membawa City ke empat besar dalam dua musim kebersamaan. Sebelumnya, ia pernah membawa Barca dan Bayern Munchen melaju ke semifinal di musim perdana pelatih berkepala plontos tersebut.

- Liverpool menjadi tim pertama yang bisa mengalahkan Manchester City tiga kali dalam satu musim.

- Jurgen Klopp sudah tujuh kali mengalahkan Pep Guardiola, lebih banyak dari pelatih lainnya.

- Guardiola hanya dua kali lolos dari delapan pertandingan fase gugur sebagai pelatih setelah timnya kalah di leg pertama (vs Porto pada 2015, vs Arsenal pada 2011).

- Guardiola untuk pertama kalinya menelan tiga kekalahan beruntun di semua kompetisi sejak Mei 2015 sebagai pelatih Bayern Munchen.

- Roberto Firmino dan Mohamed Salah menjadi pemain Liverpool paling banyak mencetak gol di kompetisi Eropa sepanjang sejarah klub. Masing-masing sudah mengemas delapan gol.

- Gabriel Jesus sudah mencetak tiga gol dalam tiga pertandingan melawan Liverpool di semua kompetisi, lebih banyak daripada melawan tim lain sejak debutnya bersama Manchester City.

- Liverpool sudah mencetak 33 gol di Liga Champions Eropa musim ini, terbanyak yang pernah dicetak klub Inggris dalam satu musim.

Komentar

x