Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 Juli 2018 | 23:20 WIB
 

FIFA Kaji Rencana Penambahan Peserta di Qatar 2022

Oleh : Arif Budiwinarto | Jumat, 13 April 2018 | 22:10 WIB
FIFA Kaji Rencana Penambahan Peserta di Qatar 2022
Presiden FIFA, Gianni Infantino - (Foto: BBC)

INILAHCOM, Jakarta - FIFA tertarik menambah negara peserta untuk Piala Dunia 2022 di Qatar. Rencana tersebut akan terlebih dulu dipelajari manfaat yang bisa dihasilkan.

Wacana penambahan peserta Piala Dunia didesak oleh Konfederasi Sepakbola Negara-negara Amerika Latin (CONMEBOL). Awalnya, FIFA menyetujui jumlah peserta dari 32 negara menjadi 48 negara di Piala Dunia 2026.

Akan tetapi, CONMEBOL menyuarakan agar rencana penambahan tersebut direalisasikan lebih awal di Piala Dunia 2022 Qatar.

BBC Sports mengabarkan FIFA dan Asosiasi Sepakbola Qatar (QFA) sudah mengadakan pertemuan membahas rencana tersebut. Namun, Qatar masih menunjukkan sikap skeptis soal wacana tersebut karena bertambahnya peserta juga berarti penambahan kesiapan logistik.

Sebelum membuat keputusan, FIFA ingin mempelajari semua kemungkinan jika rencana tersebut mulai diwujudkan di Qatar 2022.

"Rencana tersebut sepertinya sebuah ide yang sangat menarik. Kami harus mempelajarinya secara serius dan jika mungkin, mengapa tidak?," kata Presiden FIFA, Gianni Infantino.

"Saya amat yakin dengan penambahan tersebut karena saya yakin rencana itu bagus dalam perkembangan sepekbola."

"Itulah mengapa kami mengajukannya dan itulah mengapa kami setuju untuk tahun 2026," ia memungkasi.

Untuk Piala Dunia 2022, Qatar saat ini berencana membangun delapan stadion, sedangkan idealnya untuk piala dunia yang berisikan 48 negara harus punya 12 stadion.

Yang beda di Piala Dunia 2022 adalah waktu penyelenggaraan bergeser ke bulan November-Desember dengan pertimbangan menghindari cuaca panas ekstrem yang biasa terjadi di pertengahan tahun. Umumnya, piala dunia berlangsung antara Juni-Juli.

Komentar

x