Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 16 Agustus 2018 | 03:58 WIB

Penjelasan PSSI Soal Sanksi dari FIFA

Oleh : Arif Budiwinarto | Jumat, 20 April 2018 | 09:09 WIB
Penjelasan PSSI Soal Sanksi dari FIFA
Plt. Ketum PSSI, Djoko Driyono - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM Jakarta - FIFA menjatuhkan sanksi kepada PSSI terkait kelalaian pengurangan poin enam klub. Federasi menjelaskan soal enam klub yang dimaksud.

PSSI didenda FIFA sebesar 30 ribu franc swiss (CHF) atau sekitar 420 juta Rupiah, Kamis (19/4/2018) kemarin. Denda tersebut dijatuhkan karena PSSI lalai mengurangi poin enam klub anggotanya, tetapi FIFA tidak menjelaskan secara detail klub yang dimaksud.

Plt. Ketum PSSI, Djoko Driyono, menjelaskan klub-klub yang dimaksud FIFA. Ia juga membeberkan alasan mengapa federasi belum melaksanakan instruksi tersebut.

"Enam klub tersebut berasal dari Liga 1 dan Liga 2. Khusus Liga 1 itu Madura United dan Persegres Gresik United. Sementara untuk Liga 2, ada Persepam Madura United, Persik Kediri, dan Persiwa Wamena," kata pria yang akrab disapa Djokdri.

"Untuk dua klub di Liga 1 sangat mudah dieksekusi yakni Madura United dan Persegres, dan itu sudah dieksekusi pengurangan poinnya di klasemen."

"Kompetisi Liga 2 dan Liga 3 belum mulai, jadi implementasinya belum dilihat oleh FIFA dan belum bisa dieksekusi. Apalagi seperti Persik Kediri, saat ini berkompetisi di Liga 3 yang kami tidak bisa janji saat putusan itu keluar."

"PSSI menerima bahwa FIFA menganggap kami belum menjalankan pengurangan poin itu. PSSI akan bersurat kepada FIFA untuk meminta penjelasan tentang ini karena sebelumnya PSSI menyampaikan permohonan agar implementasi ini dilakukan pada musim 2018 ini," ia memungkasi.

Khusus untuk Persiwa, kata Djoko, ada dua kasus maka FIFA menghitungnya ada enam klub. Jika lima klub dikurangi poinnya masing-masing tiga, berbeda dengan Persiwa yang mendapat pengurangan enam poin.

Lebih lanjut, Djoko mengatakan pelanggaran yang dilakukan klub-klub tersebut adalah tidak membayarkan gaji pemain.

Tags

Komentar

x