Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 27 Mei 2018 | 15:14 WIB
 

Atletico Madrid Juara Liga Europa 2017-18

Oleh : Arif Budiwinarto | Kamis, 17 Mei 2018 | 03:59 WIB
Atletico Madrid Juara Liga Europa 2017-18
Atletico Madrid Juara Liga Europa 2017-18 - (Foto: GettyImages)

INILAHCOM, Lyon - Atletico Madrid menjuarai Liga Europa 2017-18 setelah di final mengalahkan Olympique Marseille 3-0. Antoine Griezmann menjadi pahlawan Atletico berkat sumbangan dua golnya.

Dalam pertandingan final yang berlangsung di Stade de Lyon, Kamis (17/5/2018) dini hari WIB, Atletico melakukan 53 persen ball possession berbanding 47 persen yang dilakukan Marseille.

Kedua tim sama-sama melepaskan sembilan percobaan ke arah gawang, akan tetapi Atletico lebih efektif. Dari empat shots on goal, tiga diantaranya berujung gol.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan berjalan dalam tempo tinggi sejak menit-menit awal. Marseille mendapat kesempatan bagus di menit keempat. Umpan terobosan Dimitri Payet membuat Valere Germain berhadapan langsung dengan kiper Atletico, Jan Oblak. Tetapi, penyelesaian Germain masih melenceng.

Dua menit berselang, Marseille kembali menebar ancaman. Kali ini sepakan Adil Rami juga masih belum mengarah ke sasaran.

Sampai menit ke-20, Atletico belum mampu keluar dari tekanan Marseille. Jan Oblak menggagalkan peluang bagus Payet.

Terus ditekan, Atletico malah mampu mencetak gol. Berawal dari kesalahan barisan bertahan Marseille, Andre Anguissa gagal mengontrol dengan baik operan kiper Steve Mandanda. Bola liar dikuasai Gabi yang kemudian memberikannya kepada Griezmann. Berhadapan dengan Mandanda, penyerang kebangsaan Prancis itu dengan mudah mengecoh Mandanda dari jarak dekat.

Dalam posisi tertinggal 0-1, Marseille justru kehilangan motor permainannya, Dimitri Payet, yang mengalami cedera di menit ke-30. Ia menangis saat meninggalkan lapangan.

Hingga babak pertama usai, Marseille belum mampu mengejar ketertinggalan 0-1 dari Atletico.

Di awal babak kedua, Diego Simeone yang duduk di tribun penonton menginstruksikan asistennya, German Burgos, untuk memasukkan Juanfran menggantikan Sime Vrsaljko.

Atletico langsung menggebrak di awal babak kedua. Hasilnya, Los Rojiblancos menggandakan skor di menit ke-48. Koke dengan sempurna memberikan assist kepada Griezmann yang lagi-lagi menaklukkan Mandanda dari jarak dekat.

Tertinggal 0-2, Marseille berusaha keluar dari tekanan Atletico. Namun, upaya yang mereka bangun kerap menemui kebuntuan saat memasuki area sepertiga lawan.

Pergantian pemain, Clinton Njie masuk menggantikan Lucas Ocampos juga belum memberikan dampak positif.

Peluang terbaik Marseille di babak kedua hadir di menit ke-83. Sundulan Kostas Mitroglu masih membentur tiang gawang.

Atletico mengunci kemenangan 3-0 setelah Gabi mencetak gol di menit ke-89. Berawal dari serangan balik cepat, bola diarahkan kepada Koke di sisi kanan pertahanan Marseille, ia kemudian memantulkan bola ke sisi kiri kotak penalti Marseille.

Bola bisa dikontrol dengan baik oleh Gabi kemudian melepaskan sepakan mendatar ke sisi kanan bawah gawang yang gagal dijangkau Mandanda.

Saat laga memasuki masa injury, Atletico memasukkan Fernando Torres menggantikan Griezmann. Bagi Torres, ini menjadi pertandingan Eropa terakhirnya bersama Los Rojiblancos karena akhir musim ini dia sudah memutuskan untuk hengkang.

Sampai peluit panjang berbunyi, skor 3-0 untuk kemenangan Atletico Madrid atas Marseille tidak berubah. Bagi Atletico ini menjadi trofi Liga Europa ketiga mereka sejak 2010 lalu.

Susunan Pemain

Marseille: Mandanda, Sarr, Rami, Luiz Gustavo, Amavi; Sanson, Anguissa; Thauvin, Payet (Lopez 32'), Ocampos (Njie 55'); Germain (Mitroglou 74').

Atletico Madrid: Oblak, Vrsaljko (Juanfran 46'), Gimenez, Godin, Lucas, Saul, Gabi, Koke, Correa (Thomas 88'), Griezmann (Torres 90'), Costa.

Komentar

 
Embed Widget

x