Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 Juni 2018 | 22:41 WIB
 

Juve Menang di Laga Perpisahan Buffon

Oleh : Arif Budiwinarto | Sabtu, 19 Mei 2018 | 22:37 WIB
Juve Menang di Laga Perpisahan Buffon
(Foto: Gettyimages)

INILAHCOM, Turin - Juventus meraih kemenangan tipis 2-1 atas Hellas Verona di laga terakhir Liga Seri A Italia 2017-18. Kemenangan tersebut jadi penutup karier Gianluigi Buffon bersama Juve.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Allianz Arena Turin, Sabtu (19/5/2018) malam WIB, Juve unggul penguasaan bola 62 persen berbanding 38 persen. Dari 24 shots yang dilepaskan tuan rumah, 12 diantaranya mengarah ke gawang.

Sedangkan Verona tak banyak melepaskan ancaman ke gawang Buffon. Tercatat mereka hanya melepaskan lima shots, tiga diantaranya tepat ke gawang.

Juve mengambil inisiatif menyerang sejak awal, Douglas Costa melepaskan percobaan di menit kelima yang masih melambung tinggi.

Setelah peluang tersebut, Juve lebih banyak memainkan bola-bola pendek sehingga pertandingan berjalan lambat.

Peluang terbaik Verona di babak pertama didapat Mohamed Fares di menit ke-16. Berhasil mengecoh empat pemain Juve, ia melepaskan sepakan ke tiang jauh tetapi bola masih bisa ditepis Buffon.

Tuan rumah mendapat peluang emas di menit ke-31. Umpan lambung Paulo Dybala dari jarak dekat bisa dibelokkan Mario Mandzukic dengan tendangan voli. Beruntung kiper Nicolas Andrade David masih bisa menepis bola dengan satu tangan.

Dybala hampir saja membawa Juve unggul di menit ke-40. Dalri sudut sempit, Dybala masih bisa melepaskan tendangan chip yang menerpa tiang gawang. Skor 0-0 menutup babak pertama.

Juventus akhirnya bisa membuka keunggulan saat babak kedua berjalan lima menit. Berawal dari situasi sepak pojok, bola sepakan Douglas Costa bisa ditepis Nicolas namun bola liar berhasil diteruskan Rugani jadi gol.

Tuan rumah menggandakan kedudukan di menit ke-52. Tendangan bebas Miralem Pjanic meluncur deras ke sisi kanan gawang tanpa bisa dihalau kiper Verona.

Di menit ke-61, Massimiliano Allegri menarik keluar Buffon yang menandakan berakhir sudah perjalanan kiper 40 tahun bersama Juventus. Sebelum meninggalkan lapangan Buffon hampir memeluk semua pemain baik teman maupun lawan. Kiper ketiga, Carlo Pinsoglio, masuk menggantikan Buffon.

Setelah terhenti sejenak selama empat menit untuk memberikan kesempatan kepada Buffon memberikan salam perpisahan, pertandingan kembali berjalan.

Di menit ke-76, Juve kebobolan lewat gol Cerci. Romulo menyodorkan umpan silang mendatar dari sisi kanan, bola langsung disontek oleh Cerci yang membuat kiper Pinsoglio terdiam.

Juve sebenarnya punya kesempatan mencetak gol ketiga di menit ke-85 menyusul handball pemain Verona. Sayang, sepakan penalti Stephan Lichsteiner yang akhir musim ini juga meninggalkan Juve gagal berbuah gol.

Hingga peluit panjang berbunyi, skor 2-1 bagi kemenangan Juve tak berubah. Hasil tersebut sudah tak mempengaruhi lagi bagi kedua tim.

Juve sudah dipastikan meraih scudetto dengan mengemas total 95 poin sedangkan Verona harus terdegradasi ke Seri B setelah menutup musim di peringkat 19 dengan 25 poin.

Susunan Pemain:

Juventus: Buffon (Pinsoglio 64'); Lichtsteiner, Barzagli, Rugani, Alex Sandro; Marchisio, Pjanic, Sturaro (Bentancur 44'); Douglas Costa (Higuain 66') , Dybala, Mandzukic.

Verona: Nicolas; Romulo, Caracciolo (Bearzotti 46'), Ferrari, Souprayen; Aarons (Zuculini 62'), Fossati, Danzi, Fares; Matos (Petkovic 81'), Cerci.

Komentar

 
Embed Widget

x