Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 21 Oktober 2018 | 21:37 WIB

Jadi Warga Israel, Abramovich Sulit Urus Bisnis

Oleh : Arif Budiwinarto | Kamis, 31 Mei 2018 | 05:06 WIB

Berita Terkait

Jadi Warga Israel, Abramovich Sulit Urus Bisnis
(Foto: theguardian)

INILAHCOM, London - Pemilik Chelsea, Roman Abramovich, baru saja mendapat status kewarganegaraan Israel. Namun, ia akan mengalami kesulitan jika ingin bekerja di wilayah Inggris Raya.

Abramovich mengunjungi Israel, Senin (28/5/2018) kemarin, setelah menerima konfirmasi ia mendapatkan status kewarganegaraan di bawah aturan Law of Return. Undang-undang tersebut memberikan kesempatan kepada orang Yahudi yang ingin kembali ke Israel dan mendapatkan status warga negara.

Meskipun sudah memiliki status warga negara Rusia, Abramovich tetap bisa menyandang status warga negara Israel karena dirinya merupakan orang Yahudi.

Motif utama Abramovich mengambil hak kewarganegaraan Israel karena kesulitan memperpanjang visa yang kabarnya dikarenakan hubungan politik antara Inggris dan Rusia yang sedikit panas. Meskipun menyandang paspor Israel, pengusaha 51 tahun tidak akan bisa leluasa menjalankan bisnisnya di kawasan Inggris Raya.

Aturan Keimigrasian di Inggris Raya memang mengizinkan pemegang paspor Israel untuk tinggal, tetapi tidak untuk waktu yang lama. Selain itu, Abramovich diharuskan memiliki visa investor jika ingin mengurus bisnisnya di Inggris Raya.

"Orang yang memegang visa Israel adalah visa non-nationals yang berarti mereka membutuhkan visa untuk mengunjungi Inggris Raya untuk waktu kunjungan maksimal enam bulan," kata seorang juru bicara Perdana Menteri Inggris, Theresa May, seperti yang dikutip dari Guardian.

"Orang Israel wajib memiliki visa jika mereka ingin tinggal, bekerja atau belajar di Inggris Raya," ia melanjutkan.

Masalah keimigrasian diklaim menjadi alasan Abramovich tak menyaksikan secara langsung keberhasilan Chelsea meraih trofi Piala FA 2017-18 usai mengalahkan Manchester United di final dengan skor 1-0.[rza]

Komentar

Embed Widget
x