Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 16 Agustus 2018 | 21:17 WIB

Jerman Takluk 1-2 dari Austria

Oleh : Arif Budiwinarto | Minggu, 3 Juni 2018 | 03:10 WIB
Jerman Takluk 1-2 dari Austria
(Foto: gettyimages)

INILAHCOM, Klagenfurt - Sempat unggul terlebih dulu, Jerman harus menyerah 1-2 dari tuan rumah Austria. Kickoff pertandingan sempat tertunda lebih dari sejam karena hujan deras.

Pertandingan ujicoba yang berlangsung di Woertherseestadion harusnya berlangsung pada Sabtu (2/6/2018) malam WIB. Saat para pemain melakukan pemanasan, hujan deras turun dan menyebabkan genangan air di lapangan.

Setelah ditunggu sampai lebih dari sejam, hujan reda dan rumput lapangan memungkinkan untuk digunakan bermain. Kickoff akhirnya dilakukan Minggu (3/6/2018) dini hari WIB.

Joachim Low memakai formasi 4-2-3-1, ia menurunkan kiper Manuel Neuer yang baru saja pulih dari cedera. Nils Petersen didapuk sebagai penyerang tunggal di laga tersebut.

Austria bermain dengan formasi 3-4-3. Aleksandar Dragovic menjadi komando di lini belakang, dan trio Florian Grillitsch-Marko Arnautovic-David Alaba ditugaskan sebagai penyerang.

Statistik Livescore mencatat Jerman unggul dalam penguasaan bola mencapai 63 persen berbanding 37 persen. Kendati demikian, Austria malah lebih banyak melepaskan shots on goal, ada delapan yang tepat mengarah ke gawang Der Panzer. Sedangkan Jerman empat kali mengarahkan bola ke gawang Austria.

Jerman unggul terlebih dulu di menit ke-11. Gol berawal dari pressing ketat Jerman di sepertiga area permainannya. Situasi tersebut membuat kiper Austria, Joerg Siebendhl, melakukan kesalahan/

Berniat membuang bola, sepakannya malah mengarah ke kaki Mesut Ozil di dekat penalti, tanpa kesulitan ia mencetak gol. 0-1 Jerman memimpin.

Di babak kedua, Jerman bermain kurang oke di menit-menit awal. Dalam 10 menit awal, Austria mencoba memanfaatkan situasi tersebut. Tuan rumah bisa mencetak gol penyeimbang di menit ke-53. Martin Hinteregger berhasil menaklukkan Neuer dari jarak dekat usai menerima umpan sepak pojok David Alaba.

Delapan menit berselang, Austria hampir saja mencetak gol kedua. Julian Brandt yang bermaksud mengoper bola ke Joshua Kimmich melakukan kesalahan, bola operannya dipotong David Alaba. Ia kemudian memberikan umpan kepada Arnautovic. Beruntung bola masih bisa digagalkan Neuer.

Menit ke-66, Jerman melakukan dua pergantian pemain, Brandt digantikan Timo Werner, sementara Marco Reus masuk menggantikan Leroy Sane.

Tiga menit berselang, gawang Jerman malah kemasukan gol kedua. Dari sisi kanan lapangan, Alaba melancarkan umpan lambung kepada Stefan Lainer yang berada di kotak penalti. Namun, gelandang Red Bull Salzburg itu tak langsung melancarkan tembakan meski ia sangat dekat dengan Neuer.

Lainer memilih mengoper kepada Alessandro Schoepf yang lepas dari kawalan seluruh pemain belakang Jerman. Dengan sekali sentuh, umpan ini disulap Schoepf menjadi gol.

Di sisa menit yang ada, Low kembali melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Mario Gomez. Namun, sampai peluit panjang berbunyi, skor 1-2 bagi kemenangan Austria tak berubah.

Susunan Pemain

Austria: Siebenhandl; Dragovic, Proedl, Hintergger; Lainer, Grilitsch (Ilsanker 79'), Baumgartlinger, Alaba; Schoepf (Bauer 76'), Zulj (Kainz 88'); Arnautovic (Burgstaller 84')

Jerman: Neuer; Rudiger, Sule, Hector, Kimmich; Gundogan (Goretzka 56'), Khedira (Rudy 46'); Sane (Reus 67'), Ozil (Draxler 76'), Brandt (Werner 67'); Petersen (Gomez 76')

Komentar

x