Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 Agustus 2018 | 19:49 WIB

Pemain Bintang yang Absen di Piala Dunia 2018

Oleh : Arif Budiwinarto | Selasa, 5 Juni 2018 | 19:04 WIB
Pemain Bintang yang Absen di Piala Dunia 2018
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Hampir semua peserta Piala Dunia 2018 sudah mengumumkan skuad final. Ada beberapa pemain bintang yang absen di gelaran tersebut karena negaranya tidak lolos maupun dicoret. Siapa saja mereka?

Piala Dunia 2018 akan berlangsung 14 Juni sampai 15 Juli di Prancis. Gelaran empat tahunan tersebut kerap dijadikan panggung oleh para pemain untuk unjuk kualitas permainan.

Tujuannya, agar mereka terpantau para pencari bakat klub-klub besar Eropa yang berpotensi merekrut mereka.

Seperti event serupa sebelumnya, Piala Dunia 2018 tidak akan diramaikan beberapa negara dengan sejarah panjang di Piala Dunia seperti Italia dan Belanda. Keduanya gagal lolos dari babak kualiafikasi.

Selain itu, ada beberapa pemain bintang yang juga harus puas jadi penonton alias absen karena banyak penyebab, mulai dari timnya gagal lolos ke putaran final, pensiun atau cedera. Siapa saja mereka?

1. Alexis Sanchez

Winger Manchester United itu dipastikan absen di Rusia 2018 setelah negaranya, Cile, tersandung di pertandingan akhir kualifikasi Zona Amerika Latin. Absennya Sanchez dan timnas Cile membuat Argentina dan Lionel Messi tak punya kesempatan membalas kekalahan di final Copa America 2015.

2. Zlatan Ibrahimovic

Swedia secara mengejutkan lolos ke putaran final Rusia 2018 setelah menyingkirkan Italia. Keberhasilan Swedia disertai munculnya rumor Ibrahimovic yang berniat kembali ke timnas.

Pemain jangkung tersebut menyatakan pensiun dari timnas Swedia setelah Piala Eropa 2016. Ibra kini bermain bagi klub MLS, LA Galaxy.

3. Gianluigi Buffon

Kiper legendaris Italia ini harus mengubur impian membawa negaranya kembali mengangkat trofi Piala Dunia setelah disingkirkan Swedia di babak playoff.

Buffon pernah mengantarkan Italia jadi kampiun di Piala Dunia 2006. Saat itu, mereka mengalahkan Prancis lewat drama adu penalti.

4. Gareth Bale

Gareth Bale baru saja membawa Real Madrid meraih trofi Liga Champions Eropa ketiga beruntun. Namun, aksi pemain berkaki kidal itu tak bisa dinikmati di Piala Dunia 2018 karena Wales gagal di babak playoff.

5. Trio Prancis

Pelatih timnas Prancis memutuskan tidak membawa Karim Benzema, Laurent Koscielny, dan Dimitri Payet ke Piala Dunia 2018. Koscielny cedera saat Arsenal kalah dari Atletico Madrid di semifinal Liga Europa.

Benzema dicoret karena diklaim punya hubungan buruk dengan timnas Prancis sedangkan Payet mendapat cedera saat Marseille dikalahkan Atletico di final Liga Europa.

6. Trio Liverpool

Alex Oxlade-Chamberlain dan Joe Gomez tak disertakan Gareth Southgate dalam timnya karena cedera berkepanjangan. Sedangkan Adam Lallana dinilai tidak menunjukkan performa meyakinkan bersama The Reds usai pulih dari cedera.

7. Dani Alves

Dani Alves harus mengubur impiannya bermain di Piala Dunia yang mungkin saja terakhir sebagai pesepakbola. Ia mengalami cedera mendekati akhir musim 2017-18. Kabar baiknya, rekan setim Alves di PSG, Neymar, bisa pulih lebih cepat dari cedera. Ia mencetak satu gol saat Brasil menundukkan Kroasia 2-0 di laga pemanasan.

8. Leroy Sane

Tampil apik bersama Manchester City sepanjang musim 2017-18 tak menjamin Sane masuk dalam skuad final Jerman. Pelatih Joachim Low mencoretnya karena dinilai kurang cocok dengan gaya bermain Der Panzer.

9. Mario Gotze

Publik Jerman tentu masih ingat siapa pahlawan Jerman di Piala Dunia 2014. Masuk sebagai pemain pengganti, Gotze mencetak gol semata wayang ke gawang Argentina di babak tambahan waktu. Gol tersebut mengantarkan Der Panzer sebagai juara dunia untuk keempat kalinya.

Namun, tahun ini Gotze tak bisa mengulang cerita indah itu bersama Jerman. Ia tidak terpilih ke dalam skuad Die Mannschaft karena performanya bersama Borussia Dortmund sepanjang musim 2017-18 kurang oke.

10. Belanda

Belanda yang di Piala Dunia 2014 menempati peringkat ketiga harus rela menjadi penonton di tahun ini. Meski punya sederet pemain muda berkualitas, Tim Oranje gagal bersaing di fase kualifikasi.

Komentar

Embed Widget

x