Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 15 Agustus 2018 | 17:59 WIB

Berthold: Jerman Bukan Favorit di Piala Dunia 2018

Oleh : Arif Budiwinarto | Kamis, 7 Juni 2018 | 16:12 WIB
Berthold: Jerman Bukan Favorit di Piala Dunia 2018
(Foto: fifa)

INILAHCOM, Berlin - Jerman datang ke Piala Dunia 2018 berstatus sebagai juara bertahan. Namun, untuk gelaran tahun ini Der Panzer bukan favorit dibanding Prancis, Brasil dan Spanyol.

Komposisi skuad Jerman saat ini berbeda dari empat tahun lalu. Tidak ada nama-nama pemain berpengalaman seperti Miroslav Klose, Philipp Lahm, Bastian Schweinsteiger, Per Mertesacker dan Mario Gotze.

Kendati demikian, Jerman bisa lolos dari fase kualifikasi dengan sangat meyakinkan. Mereka mencatatkan 100 persen kemenangan, plus menjadi juara Piala Konfederasi 2017.

Sayangnya, Jerman mengalami penurunan performa mendekati gelaran Piala Dunia 2018. Dari lima laga ujicoba, Die Mannschaft tak sekalipun meraih kemenangan dari tim-tim yang juga berlaga di Piala Dunia 2018.

Tiga kali imbang melawan Inggris, Prancis, dan Spanyol, Thomas Muller dan kawan-kawan menelan kekalahan 0-1 dari Brasil dan 1-2 dari Austria.

Melihat hasil-hasil tersebut, Thomas Berthold menyebut Jerman tidak lebih baik dari tim-tim besar lainnya.

"Kami bukan favorit yang bersih. Prancis, Brasil, dan Spanyol masih unggul dari kami dan Argentina kurang lebih adalah kuda hitam turnamen," kata Berthold yang pernah memperkuat timnas Jerman tahun 1990.

"Ketika Anda melihat sejarah Piala Dunia, tiga negara, Brasil, Italia dan Jerman, telah memenangi total 13 titel. Saya pikir tidak ada tim lain yang sudah mencapai semifinal sesering Jerman. Dan kapanpun Anda mencapai semifinal ada banyak faktor yang tidak bisa diperhitungkan terutama ketika Anda melawan tim-tim top," ia memungkasi.

Jerman tergabung di Grup F bersama Meksiko, Korea Selatan dan Swedia. Mereka akan menghadapi Meksiko di laga perdana pada 17 Juni.

Sumber: FIFA

Komentar

x