Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 Juni 2018 | 00:16 WIB
 

Panggung Messi, Ronaldo, Neymar, dan Salah

Oleh : Reza Adi Surya | Senin, 11 Juni 2018 | 14:01 WIB
Panggung Messi, Ronaldo, Neymar, dan Salah
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Moskow - Piala Dunia 2018 tinggal hitungan hari. Turnamen akbar empat tahunan kali ini diyakini bakal menjadi panggung Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Neymar, dan Mohamed Salah.

Piala Dunia 2018 akan dimulai pada 14 Juni dengan menampilkan Rusia melawan Arab Saudi sebagai laga pembuka.

Piala Dunia selalu menampilkan sesuatu yang unik. Tak selamanya pemain yang mengilap di level klub bisa tampil cemerlang di level internasional. Sebagai contoh, Messi sudah mencetak banyak gol untuk Barcelona.

Tapi, Messi hanya mampu mencetak lima gol di Piala Dunia dimana empat di antaranya dicetak di Piala Dunia 2014 di Brasil. Ketika itu Argentina mampu melaju ke final, tapi dikalahkan Jerman 0-1.

Begitu pun dengan Ronaldo. CR7 juga mencetak banyak gol bersama Real Madrid bahkan menyandang status pencetak gol sepanjang sejarah. Kenyataannya, Ronaldo baru mencetak tiga gol di tiga kesempatan tampil di Piala Dunia.

Berbeda dengan Neymar. Pemain PSG itu baru satu kali tampil di Piala Dunia 2014. Tapi, dia sudah bisa mencetak empat gol atua hanya kalah dari James Rodriguez (6) dan Thomas Muller (5).

Yang menarik untuk ditunggu penampilannya sudah pasti Mohamed Salah. Pemain Liverpool itu sedang berada di puncak penampilannya di level klub dengan mencetak 42 gol di semua kompetisi. Salah juga menjadi penyelamat Mesir berkat gol penaltinya di laga pamungkas kualifikasi Piala Dunia.

Bagi Messi dan Ronaldo, kemungkinan besar ini menjadi Piala Dunia terakhir, karena Messi sudah berusia 30 tahun sementara Ronaldo 33 tahun. Tapi, tak menutup kemungkinan keduanya masih bisa bermain empat tahun kemudian meski kondisinya pasti sudah jauh berbeda.

Dengan demikian, Messi dan Ronaldo dipastikan bakal tampil mati-matian di Piala Dunia terakhirnya di saat masih dalam kondisi puncak. Apalagi Messi belum pernah memberikan gelar internasional pada Argentina, sementara Ronaldo sudah membawa Portugal juara Piala Eropa 2016.

Sementara itu, sempat muncul kekhawatiran terkait kondisi Salah dan Neymar. Keduanya mengalami cedera sebelum Piala Dunia 2018 digelar. Neymar cedera metatarsal sementara Salah cedera bahu.

Tapi, Neymar sudah pulih dan bisa bermain di beberapa laga uji coba bersama Brasil. Teranya, Neymar menyumbang gol saat Tim Samba menang 3-0 dari Austri. Sementara Salah mengaku sudah pulih dari cedera bahu, tapi dalam sesi latihan pertama di Rusia, pemain 25 tahun itu tidak ikut.

Selain keempat nama tersebut, tak jarang Piala Dunia melahirkan bintang baru. Masih teringat aksi Michael Owen bersama Inggris di Piala Dunia 1998 di Prancis. Owen menjadi bintang baru setelah mencetak gol indah ke gawang Argentina di babak knock-out.

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x