Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Oktober 2018 | 04:04 WIB

Bukan Favorit, Inggris Bisa Hadirkan Kejutan

Oleh : Arif Budiwinarto | Selasa, 12 Juni 2018 | 01:32 WIB

Berita Terkait

Bukan Favorit, Inggris Bisa Hadirkan Kejutan
Gareth Southgate - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Inggris datang ke Rusia membawa barisan pemain muda terbaiknya, Gareth Southgate yakin timnya bisa menghadirkan kejutan meski tak dipandang sebagai favorit.

Inggris tampil konsisten sejak babak kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa, tim Tiga Singa tak sekalipun menelan kekalahan. Begitu pun saat menjalani sejumlah laga pemanasan, mereka selalu meraih hasil positif. Terakhir, juara dunia 1966 itu mengalahkan Kosta Rika 2-0.

Hasil undian fase grup menempatkan Inggris di Grup B bersama Belgia, Tunisia dan tim debutan Panama. Bila melihat komposisi skuad dan kualitas permainan, Inggris diprediksi bisa melangkah dari fase grup bersama Belgia.

Namun, Southgate tak mau terlampu percaya diri. Dibanding Belgia yang hampir mayoritas pemainnya bermain di Liga Premier Inggris, Panama dan Tunisia justru berpotensi menjadi batu sandungan.

"Salah satu kuncinya adalah menganalisa Tunisia dan Panama. Kami tidak mengetahui banyak mengenai mereka dibandingkan Belgia," kata Southgate dalam wawancara dengan Marca.

Faktor lainnya, Southgate meyakini setiap tim akan berlipat motivasi dan antuasismenya saat jumpa Inggris.

"Mereka (Tunisa dan Panama) akan datang dengan antusiasme besar dan ekspektasi rendah yang bisa membuat mereka berbahaya," ia melanjutkan.

Meski memiliki kompetisi liga terketat di dunia serta barisan pemain muda potensial serta pemain senior berpengalaman, Inggris punya catatan buruk saat tampil di event mayor. Bahkan di Piala Eropa 2016 mereka disingkirkan tim debutan Islandia.

Di Piala Dunia 2018 ini, Southgate senang Inggris tak masuk dalam daftar tim unggulan. Hal ini dianggap menguntungkan Marcus Rashford dan kawan-kawan.

"Tujuan saya adalah mengejutkan orang-orang. Itu mungkin yang terlihat dari kamis sekarang dan saya pikir itu bagus bagi kami," ia memungkasi.

Komentar

Embed Widget
x