Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 Juni 2018 | 02:51 WIB
 

Nike Tarik Produk Sepatu Bola dari Timnas Iran

Oleh : Arif Budiwinarto | Selasa, 12 Juni 2018 | 02:34 WIB
Nike Tarik Produk Sepatu Bola dari Timnas Iran
(Foto: GettyImages)

INILAHCOM, Jakarta - Pemain timnas Iran tidak akan mengenakan sepatu bola baru di gelaran Piala Dunia 2018 setelah Nike memutuskan menarik semua produk barunya.

Kepastian tersebut disampaikan Nike beberapa hari sebelum keberangkatan skuad Iran ke Rusia. Nike yang merupakan perusahaan apparel olahraga asal Amerika Serikat sebelumnya menyuplai sepatu bola bagi timnas Iran.

Penarikan produk alas kaki terbaru dari skuad Iran terpaksa dilakukan oleh Nike menyusul kebijakan luar negeri Presiden AS, Donald Trump, yang mendesak sanksi ekonomi global kepada Iran terkait proyek pengembangan senjata nuklir ilegal yang dituduhkan.

"Sanksi dari AS berarti perusahaan AS, Nike, tidak bisa menyuplai sepatu bola kepada pemain tim nasional Iran saat ini," demikian pernyataan resmi Nike.

Pelatih timnas Iran, Carlos Queiroz, kecewa dengan keputusan tersebut terlebih dilakukan mendekati Piala Dunia 2018.

"Para pemain sudah terbiasa dengan perlengkapan (sepatu) mereka, dan ini tidak benar mengubahnya sepekan sebelum pertandingan penting seperti Piala Dunia," ujar juru taktik asal Portugal.

Untuk menyiasti situasi demikian, beberapa pemain Iran meminjam sepatu bola milik rekan seklub yang bukan berasal dari Iran. Yang lain berinisiatif membeli sendiri sepatu bola di toko olahraga.

Iran tergabung di Grup B bersama Spanyol, Portugal dan Maroko. Mereka akan memulai langkah di Rusia 2018 dengan menghadapi Maroko pada 15 Juni 2018.

Sumber: ESPN

Komentar

 
Embed Widget

x