Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 Agustus 2018 | 13:43 WIB

Kontroversi Ozil Bisa Pengaruhi Pemilihan Pemain

Oleh : Arif Budiwinarto | Rabu, 13 Juni 2018 | 03:04 WIB
Kontroversi Ozil Bisa Pengaruhi Pemilihan Pemain
(Foto: GettyImages)

INILAHCOM, Munchen - Manajer timnas Jerman, Oliver Bierhoff, menyebut kontroversi terkait Mesut Ozil dan Ilkay Gundogan bisa berpengaruh terhadap keputusan pelatih Joachim Low dalam menentukan komposisi tim.

Ozil dan Gundogan menjadi sorotan utama setelah keduanya bertemu dengan Presiden Turki, Racep Tayyip Erdogan, bulan Mei lalu di Kedutaan Besar Turki di London, Inggris.

Meski kedua pemain berdarah Turki, pertemuan tersebut dikhawatirkan banyak pihak bermuatan politis, pasalnya Erdogan tengah menggalang dukungan untuk maju kembali dalam pemilihan presiden Turki.

Federasi Sepakbola Jerman (DFB) melalui Manajer Timnas Jerman, Oliver Bierhoff, sudah memastikan pertemuan tersebut tidak ada hubungannya dengan sikap politik.

"Kami ingin mengerti bagaimana itu bisa terjadi, dan kami ingin memastikan bahwa tak ada niatan politik," kata Bierhoff Mei lalu.

Baru-baru ini muncul desakan dari suporter timnas Jerman agar mencoret Ozil dan Gundogan dari skuad Piala Dunia 2018 terkait kontroversi tersebut.

Menurut Bierhoff, kontroversi tersebut bisa menjadi hal sensitif yang akhirnya mempengaruhi keputusan pelatih dalam menentukan komposisi pemain.

"Joachim Low tidak membuat keputusan populis hanya untuk memuaskan satu orang, ia lebih melihat pada sisi sportifitas," kata Bierhoff kepada Bild.

"Tetapi skandal bisa menjadi aspek kecil dalam proses membuat keputusan," dia memungkasi.

Jerman akan menghadapi Meksiko pada 17 Juni mendatang dalam pertandingan pembuka Grup F.

Sumber: ESPN

Komentar

x