Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 Juli 2018 | 17:20 WIB
 

Piala Dunia 2018 Grup D

Nigeria Tundukkan Islandia 2-0

Oleh : Reza Adi Surya | Sabtu, 23 Juni 2018 | 00:00 WIB
Nigeria Tundukkan Islandia 2-0
(Foto: FIFA)

INILAHCOM, Volgograd Arena - Nigeria meraih tiga poin setelah mengalahkan Islandia 2-0, Jumat (22/6/2018) di Volgograd Arena pada laga kedua Piala Dunia 2018 Grup D. Persaingan di grup ini pun semakin menarik.

Pertandingan baru berjalan tiga menit, Islandia sudah mengancam. Tendangan bebas dilepaskan Sigurdsson ke pojok gawang, tapi bola masih bisa ditepis kiper Nigeria, Uzoho.

Tiga menit berselang, kembali Islandia mendapat peluang. Kembali Sigurdsson menebar ancaman ke gawang Nigeria. Mendapat ruang tembak, pemain Everton itu melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, tapi masih bisa diamankan Uzoho.

Islandia mendapat kans lagi untuk mencetak gol di menit ke-45. Tendangan bebas dilepaskan Sigurdsson ke kotak penalti. Finnbogasson menanduk bola, tapi arahnya masih melenceng. Skor 0-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Babak kedua memasuki menit ke-49, Nigeria berhasil mencetak gol. Diawali umpan silang Moses dari sayap kanan, Musa mengontrol bola dengan sempurna yang diakhiri tendangan voli keras tanpa bisa dibendung kiper Islandia, Halldorsson.

Nigeria berada di atas angin. Mereka mulai bisa mengontrol jalannya pertandingan. Peluang kembali mereka dapat di menit ke-57. Ndidi melepaskan tendangan dari jarak jauh. Bola sempat mengenai pemain Islandia dan berubah arah. Beruntung bagi Islandia, Halldorsson tetap bisa menepis bola.

Islandia terus berada di bawah tekanan. Nigeria hampir menggandakan skor di menit ke-70. Sayang, bola hasil tandukan Troost-Ekong melenceng di kanan gawang.

Peluang emas didapat Nigeria untuk menggandakan skor di menit ke-74. Tendangan keras dilepaskan Musa dari luar kotak penalti. Tapi, bola masih membentur mistar gawang.

Nigeria akhirnya bisa mencetak gol kedua. Musa berlari di sayap kiri melewati pemain Islandia, kemudian menusuk masuk ke kotak penalti. Musa mengecoh Halldorsson dan dengan tenang menceploskan bola ke gawang kosong.

Wasit memberikan penalti pada Islandia di menit ke-80 setelah Finnbogasson dijatuhkan Ebuehi. Awalnya wasit tak memberikan penalti, tapi setelah menggunakan VAR (Video Assistant Referee), wasit mengubah keputusannya.

Sigurgdsson, yang maju sebagai eksekutor, gagal melakukan tugasnya dengan baik setelah bola hasil tendangannya melambung di atas mistar. Skor 2-0 bertahan hingga laga usai.

Kemenangan ini menempatkan Nigeria di posisi dua mengemas poin tiga, sementara Islandia di peringkat tiga dengan poin satu.

Susunan pemain

Nigeria: Francis Uzoho; Kenneth Omeruo, William Troost-Ekong, Leon Balogun; Brian Idowu (Ebuehi 46'), Oghenekaro Etebo (Iwobi 90'), John Obi Mikel, Wilfred Ndidi, Victor Moses; Ahmed Musa, Kelechi Iheanacho (Ighalo 87')

Islandia: Hannes Thor Halldorsson; Hordur Bjorgvin Magnusson, Ragnar Sigurdsson (Ingason 65'), Kari Arnason, Birkir Mar Saevarsson; Birkir Bjarnason, Aron Gunnarsson (Skulason 87'), Gylfi Sigurdsson, Rurik Gislason; Jon Dadi Bodvarsson, Alfred Finnbogason

Komentar

x