Find and Follow Us

Rabu, 19 Juni 2019 | 10:27 WIB

Grup D Penyisihan Piala Dunia 2018

Ini Skema Agar Argentina Lolos ke 16 Besar

Oleh : Arif Budiwinarto | Selasa, 26 Juni 2018 | 14:11 WIB
Ini Skema Agar Argentina Lolos ke 16 Besar
(Foto: GettyImages)

INILAHCOM, Jakarta - Argentina akan memainkan laga hidup mati kontra Nigeria di Grup D. Seperti apa skema yang dibutuhkan Albiceleste untuk memastikan lolos ke babak 16 besar?

Langkah Argentina di fase penyisihan Piala Dunia 2018 tak berjalan mulus. Di laga pembuka, Lionel Messi dan kawan-kawan yang datang sebagai tim unggulan justru ditahan imbang 1-1 oleh debutan Piala Dunia, Islandia.

Situasi semakin tidak mengenakan setalah di laga kedua, Tim Tango dihajar 0-3 oleh Kroasia yang memastikan Luka Modric dan kawan-kawan lolos awal ke fase selanjutnya. Bagaimana Argentina? Mereka berada di posisi keempat dengan nilai satu.

Peluang finalis 2014 sedikit terbuka setelah Nigeria berhasil mengalahkan Islandia 2-0. Artinya, tiga negara masih punya kans mendampingi Kroasia di laga pamungkas, Rabu (27/6/2018) dini hari nanti.

Perhatian mengarah kepada Argentina yang diperkuat megabintang, Lionel Messi. Ambisi mereka menebus kegagalan empat tahun lalu terancam sirna jika mereka tak bisa melewati laga krusia melawan Nigeria.

Dari dua pertandingan yang sudah dimainkan Grup D, Kroasia masih memimpin klasemen dengan mengemas nilai enam disusul Nigeria dengan tiga poin, kemudian Islandia dan Argentina yang masing-masing mengantongi satu poin.

Di laga terakhir, Islandia jumpa Kroasia sedangkan Argentina menghadapi Nigeria. Bisa dikatakan peluang Tim Tango tidak besar karena mereka juga bergantung laga lainnya.

Berikut skemanya:

1. Kroasia menang, Argentina menang atas Nigeria

Argentina mengemban misi berat, mereka wajib menang atas Nigeria jika ingin lolos. Jika berhasil melakukannya, Messi dan kawan-kawan lolos sebagai runner-up di bawah Kroasia dengan mengemas nilai empat menggeser Nigeria ke urutan ketiga.

Namun, skema tersebut diyakini tidak akan mudah, pasalnya Nigeria cuma butuh hasil imbang untuk menyingkirkan Argentina.

2. Kroasia imbang, Argentina tetap harus menang dari Nigeria

Skema kedua adalah Kroasia bermain setengah hati melawan Islandia kemudian berkesudahan imbang. Maka Argentina tetap harus menang tanpa memperhatikan jumlah gol, karena dengan hasil tersebut Argentina tetap melewati Nigeria dan Islandia untuk menjadi runner-up

3. Kroasia kalah, Argentina harus menang banyak gol

Ini skema terakhir, jika terjadi kejutan Kroasia ternyata kalah dari Islandia, misalkan dengan skor akhir 0-2, maka Argentina harus bisa menang minimal 4-0 dari Nigeria.

Jika mampu melakukannya, Argentina bisa melewati Islandia berkat keunggulan selish gol meski poin akhir yang mungkin dikemas kedua negara bisa sama (4). Saat ini selisih gol Islandia -2 sedangkan Argentina -3.

Komentar

Embed Widget
x