Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 20 September 2018 | 20:02 WIB

Skema Agar Jerman Lolos ke Babak 16 Besar

Oleh : Arif Budiwinarto | Rabu, 27 Juni 2018 | 10:03 WIB

Berita Terkait

Skema Agar Jerman Lolos ke Babak 16 Besar
(Foto: gettyimages/PATRIK STOLLARZ)

INILAHCOM, Jakarta - Jerman harus melewati laga terakhir untuk memastikan lolos ke babak 16 besar. Berikut skema yang mungkin agar Der Panzer melangkah dari fase grup.

Jerman memulai langkah mereka di Piala Dunia 2018 dengan hasil mengecewakan, kalah 0-1 dari Meksiko. Hasil tersebut membuat banyak pihak meragukan skuad asuhan Joachim Low bisa melangkah jauh.

Diliputi kabar kurang harmonisnya ruang ganti Jerman, Thomas Muller dan kawan-kawan menjawabnya dengan kemenangan dramatis atas Swedia 2-1 di laga kedua. Hasil tersebut sekaligus membuka peluang Jerman bersaing memperebutkan satu tiket tersisa karena Meksiko sudah terlebih dulu memastikan lolos usai mengalahkan Korsel 2-1.

Dengan demikian, siapa yang akan mendampingi Meksiko akan ditentukan di laga terakhir dimana Jerman jumpa Korea Selatan sedangkan Swedia menghadapi Meksiko.

Saat ini, Meksiko berada di puncak klasemen sementara Grup F dengan nilai enam kemudian diikuti Jerman dan Swedia yang mengemas tiga poin serta Korsel di posisi terbawah.

Lalu, bagaimana skema yang mungkin agar Jerman bisa lolos ke 16 besar?

1. Meksiko Menang atas Swedia, Jerman perlu menang atau setidaknya imbang melawan Korsel

Jika skema ini terjadi, maka Meksiko akan lolos sebagai juara Grup F dengan mengemas nilai sembilan, sedangkan Jerman finis di posisi kedua dengan mengantongi nilai enam unggul tiga poin dari Swedia.

2. Meksiko imbang melawan Swedia, Jerman menang atau imbang

Bila hasil akhir demikian, maka tidak ada perubahan di klasemen akhir Grup F. Meksiko mengemas nilai lima sebagai juara grup sedangkan Jerman tetap di posisi dua dengan nilai empat.

Keunggulan Jerman atas Swedia ditentukan lewat head-to-head kedua negara karena jumlah gol sudah dipastikan tidak berubah. Tim Panser berhak melaju ke babak berikutnya karena punya keunggulan head-to-head atas Swedia yang mereka kalahkan 2-1.

3. Meksiko Kalah dari Swedia, Jerman harus berpesta gol ke gawang Korsel

Ini menjadi skema terakhir, bila Swedia mampu mengalahkan Meksiko maka poin Swedia dan Meksiko sama-sama enam. Maka Jerman pun harus menang dengan skor besar agar memiliki keunggulan selisih gol lebih banyak dari dua rivalnya itu.

Bila ketiga tim mengemas nilai sama (6), maka penentuan juara grup dan runner-up akan ditentukan dari selisih gol. Saat ini, Meksiko punya selisih gol 2, sedangkan Jerman dan Swedia selisih golnya 0.

Komentar

Embed Widget
x