Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 14 November 2018 | 20:39 WIB

Piala AFF U-19 2018

Indonesia U-19 Menang 4-1 Atas Filipina U-19

Oleh : Arif Budiwinarto | Kamis, 5 Juli 2018 | 21:10 WIB

Berita Terkait

Indonesia U-19 Menang 4-1 Atas Filipina U-19
(Foto: Twitter)

INILAHCOM, Sidoarjo - Sempat tertinggal terlebih dulu, timnas Indonesia U-19 mampu bangkit dan berbalik unggul 4-1 atas Filipina U-19. Empat gol tercipta dalam kurun waktu 11 menit di babak kedua.

Dalam pertandingan lanjutan pertandingan Grup A Piala AFF U-19 2018 di Stadion Gelora Deltras, Sidoarjo, Kamis (5/7/2018) malam WIB, Indonesia U-19 mendominasi penguasaan bola sejak menit awal laga.

Sedangkan Filipina U-19 menumpuk banyak pemain di area sepertiga permainan sendiri, ini menyulitkan pemain-pemain Indonesia U-19 dalam melakukan kombinasi permainan.

Witan Sulaeman dan Samuel Christiansen yang beroperasi di sisi sayap, beberapa kali berusaha mampu mengalirkan bola ke kotak penalti. Namun, M. Rafli Mursalim masih mendapat pengawalan ketat yang membuatnya sulit mencari celah.

Sampai menit ke-30, timnas Indonesia U-19 tercatat mengausai bola sampai 80 persen berbanding 20 persen. Namun, belum satu pun gol bisa mereka cetak.

Sebaliknya, Filipina U-19 yang mengandalkan serangan balik mampu membobol gawang Indonesia U-19 di menit ke-33. Berawal dari pelanggaran di depan kotak penalti Indonesia, Chester Gio melepaskan sepakan bebas kaki kiri, bola kirimannya masuk di sisi kanan gawang Indonesia U-19.

Setelah itu, Indonesia U-19 berusaha mengejar kertertinggalan. Buruknya penyelesaian akhir membuat sejumlah peluang terbuang sia-sia.

Di babak kedua, Indonesia memasukkan Todd Ferre dan Syahrian Abimanyu untuk menambah kreatifitas permainan dan serangan.

Peluang terbaik Indonesia U-19 didapat Witan, Firza Andikan melepaskan umpan mendatar dari sisi kiri, Witan yang berdiri tanpa pengawalan malah gagal mengarahkan bola ke gawang.

Memasuki menit ke-80, Indonesia U-19 belum mengendurkan serangan. Hasilnya, mereka mampu menyamakan skor di menit ke-81. Saddil melepaskan sepakan diri pinggir kiri kotak penalti yang masuk ke pojok kiri bawah gawang Filipina. Skor imbang 1-1.

Gol tersebut melecut semangat tim Garuda Nusantara, benar saja mereka mampu berbalik unggul semenit berselang. Kali ini umpan matang Rifad Marasabessy dari sayap kanan disambar sundulan Firza yang muncul dari lini kedua.

Tak cukup satu gol, Indonesia U-19 menjadikan skor 1-3 di menit ke-83. Saddil lagi-lagi mencatatkan namanya, proses gol keduanya hampir sama dengan yang pertama. Ia melepaskan canon ball yang kali ini mengarah ke sisi kanan gawang Filipina.

Unggul dua gol, Indonesia U-19 berusaha memaksimalkan waktu yang tersisa untuk menambah gol. Todd Ferre membuat publik tuan rumah bergemuruh di menit ke-89, ia memanfaatkan umpan terukur Witan di area penalti, dengan sekali kontrol ia kemudian menyontek bola dari sudut sempit melewati kaki bek dan kiper lawan. Skor 1-4 untuk kemenangan Indonesia U-19 tak berubah sampai peluit panjang berbunyi.

Susunan Pemain

Indonesia U-19: Muhamad Riyandi; Julyano Pratama, Nurhidayat Haji Haris, Firza Andika, Rifad Marasabessy; Rafi Syaharil, M. Lutfi, Witan Sulaeman, Resky Fandi, Samuel Christianson; M. Rafli Mursalim

Filipina U-19: Jessi Peil Aya; Jed Caligdong, Marc Jessar, Samuel Peuben, Pete Andrei; Shanden Tubigon, Chester Gio, Leo Gabriel, Anton Prospero; Fidel Victor, Viejay Talisic

Komentar

Embed Widget
x