Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 16 November 2018 | 09:08 WIB

Semifinal Piala Dunia 2018

Catatan yang Tercipta Usai Prancis Vs Belgia

Oleh : Arif Budiwinarto | Rabu, 11 Juli 2018 | 16:08 WIB

Berita Terkait

Catatan yang Tercipta Usai Prancis Vs Belgia
(Foto: gettyimages)

INILAHCOM, Jakarta - Laga semifinal antara Prancis dan Belgia meninggalkan sejumlah catatan menarik. Bagi Prancis, melaju ke final tahun ini menyamai catatan 12 tahun lalu, sedangkan bagi Belgia ini merupakan kekalahan perdana yang menyakitkan.

Dalam pertandingan yang berlangsung di St. Petersburg Stadium, Rabu (11/7/2018) dini hari WIB, Prancis menghentikan performa impresif Belgia di Rusia 2018 setelah menang tipis 1-0 berkat gol semata wayang Samuel Umtiti di menit ke-51.

Bagi Prancis, kemenangan tersebut mendekatkan mereka ke gelar juara dunia kedua setelah sebelumnya diraih pada Piala Dunia 1998 di tanah air sendiri. Selain itu, Didier Deschamps akan mencatatkan dirinya sebagai orang yang pernah mengangkat trofi Piala Dunia baik sebagai pemain maupun pelatih.

Sedangkan Belgia harus mengubur impian mereka merasakan atmosfer laga final Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Berikut data dan fakta yang tercipta seusai laga Prancis kontra Belgia:

- Ini menjadi ketiganya kalinya Prancis bisa melaju ke final Piala Dunia, sebelumnya di tahun 1988 mereka jadi juara dan tahun 2006 mereka jadi runner-up. Hanya Jerman (8) dan Italia (6) yang pernah mencapai final lebih banyak diantara negara-negara Eropa.

- Sejak mencapai final Piala Dunia pertama tahun 1998, Prancis mejadi negara yang paling sering (3 kali) menginjakan kaki di final dibanding negara-negara lainnya di dunia.

- Ini menjadi kekalahan perdana Belgia di semua ajang sejak kalah dari Spanyol di laga persahabatan pada September 2016.

- Prancis sudah mengalahkan Belgia tiga kali di ajang Piala Dunia, lebih banyak daripada negara lain yang dikalahkan di kompetisi serupa.

- 44 persen gol di Piala Dunia 2018 berawal dari situasi bola mati (69 gol dari total 158 gol, termasuk penalti).

- Meskipun bisa mencatatkan 64 persen penguasaan bola, Belgia hanya bisa melepaskan sembilan percobaan, lebih sedikit dari Prancis yang melepaskan 19 percobaan.

- Antoine Griezmann sudah terlibat dalam terciptanya 20 gol dari 20 penampilan di pertandingan kompetitif bersama Prancis (12 gol, 8 assists).

- Griezmann juga berperan terciptanya 13 dari 20 gol terakhir yang bisa dicetak Prancis di turnamen besar (Piala Dunia dan Piala Eropa), dengan catatan sembilan gol dan empat assists.

- Hanya Harry Kane (6 gol) punya catatan kontribusi terciptanya gol di Piala Dunia 2018 lebih baik daripada Griezmann (5: tiga gol, dua asssits).

Sumber: BBC

Komentar

Embed Widget
x