Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 Juli 2018 | 00:40 WIB

Kalahkan Tuan Rumah, Kroasia Bisa Juara Dunia?

Oleh : Arif Budiwinarto | Kamis, 12 Juli 2018 | 22:09 WIB
Kalahkan Tuan Rumah, Kroasia Bisa Juara Dunia?
(Foto: gettyimages/Anadolu Agency)

INILAHCOM, Jakarta - Kroasia pernah mengalahkan Rusia dalam perjalanan menuju final. Ada catatan menarik tim yang bisa mengalahkan tuan rumah Piala Dunia bakal keluar jadi juara.

Kroasia bertemu Rusia yang berstatus tuan rumah Pial Dunia 2018 di babak perempatfinal. Kedua negara bermain imbang 2-2 sampai 120 menit, Luka Modric dan kawan-kawan melaju ke babak selanjutnya setelah menang adu penalti.

Empat tahun lalu, saat Jerman jadi juara dunia, Der Panzer sempat mengalahkan tuan rumah Brasil dengan skor mencengangkan 7-1 di babak semifinal.

Italia pernah mengalami kejadian serupa di Piala Dunia 2006 Jerman. Saat itu, Gli Azzurri mampu menghentikan langkah Tim Panser di semifinal dengan skor 2-0 berkat dua gol Alessandro Del Piero dan Fabio Grosso di extra time. Di akhir gelaran, Italia keluar sebagai juara setelah mengalahkan Prancis lewat adu penalti.

Brasil tercatat pernah tiga kali mengalahkan tuan rumah sebelum akhirnya keluar sebagai juara. Di awali Piala Dunia 1958, Tim Samba berhadapan dengan Swedia sebagai tuan rumah di final dengan skor 5-2.

Kemudian di Piala Dunia 1962. Kali ini, Brasil bertemu tuan rumah, Cile, di semifinal. Di laga pamungkas, Brasil mampu mempertahankan gelar juara usai menekuk Cekoslowakia 3-1.

Terakhir, Brasil melakukannya di Piala Dunia 1994 Amerika Serikat. Usai mengalahkan AS di babak 16 besar, Brasil yang saat itu masih diperkuat Carlos Dunga, Bebeto, dan Romario berhasil mengangkat trofi Piala Dunia dengan mengalahkan Italia di final lewat adu penalti 3-2.

Namun demikian, mitos tersebut tidak selalu berlaku bagi Jerman. Tim Panser pernah tiga kali mengalahkan tuan rumah tetapi di akhir gelaran cuma menjadi runner-up.

Di Piala Dunia 1982, Jerman yang saat itu masih memakai nama Jerman Barat sempat mengalahkan Spanyol di babak kedua, tetapi kalah dari Italia di final. Empat tahun berselang, kejadian serupa terulang. Kali ini mereka mampu menghentikan tuan rumah Meksiko namun kemudian kalah 2-3 dari Argentina di final.

Selanjutnya, di Piala Dunia 2002, Jerman mampu menghentikan laju sensasional Korea Selatan di babak semifinal berkat gol semata wayang Michael Ballack. Tim Panser tampil anti-klimaks di final, mereka kalah 0-2 dari Brasil.

Di final Piala Dunia 2018, Kroasia akan berhadapan dengan Prancis, juara dunia 1998. Dua puluh tahun lalu, Kroasia dikalahkan Prancis di semifinal dengan skor 0-1. Artinya, ini menjadi kesempatan Kroasia membalas kekalahan tersebut sekaligus menjadi juara dunia untuk pertama kalinya.

Komentar

Embed Widget

x