Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 14 Agustus 2018 | 15:34 WIB

Liverpool Menang Telak 4-0 atas West Ham

Oleh : Arif Budiwinarto | Minggu, 12 Agustus 2018 | 22:04 WIB
Liverpool Menang Telak 4-0 atas West Ham
(Foto: gettyimages)

INILAHCOM, Merseyside - Liverpool mengawali Liga Premier Inggris 2018-19 dengan kemenangan telak 4-0 atas West Ham United.

Bermain di Anfield Stadium, Minggu (12/8/2018) malam WIB, The Reds langsung menurunkan skuad terbaiknya termasuk trio lini depan Sadio Mane, Mohamed Salah dan Roberto Firmino.

Statistik mencatat, The Reds bermain dominan dengan penguasaan bola mencapai 65 persen berbanding 35 persen. Dari 18 shots yang dilakukan, ada delapan yang mengarah ke gawang. Sedangkan The Hammers hanya membuat lima percobaan ke gawang.

Selepas peluit tanda pertandingan dimulai, Liverpool berinisiatif bermain menekan sejak menit awal. Peluang pertama didapat Trent Alexander-Arnold di menit keenam. Sepakan melengkungnya masih bisa ditepis kiper Lukasz Fabianski. Tak berselang lama peluang Firmino masih melenceng.

Publik Anfield Stadium bergemuruh menyambut gol Salah di menit ke-19. Topskorer Liga Inggris musim lalu itu dengan mudah meneruskan sodoran dari Andrew Robertson. Skor 1-0 untuk Liverpool.

The Hammers bukan tanpa perlawanan, mereka mengancam gawang Liverpool di menit ke-27. Sepakan Marko Arnautovic masih belum menemui sasaran.

Keunggulan tuan rumah hampir saja bertambah di menit ke-38, Salah melepaskan percobaan jarak dekat tetapi Fabianski masih bisa mengamankan bola.

Menjelang babak pertama usai, gawang Si Merah hampir saja kemasukan gol lagi. Kali ini Fabianski bisa memotong bola sebelum dibelokkan Salah ke gawang.

Gol kedua Liverpool akhirnya tercipta di detik-detik akhir babak pertama. Operan panjang Robertson diterima James Milner, yang diteruskan dengan umpan silang mendatar untuk dituntaskan Sadio Mane dari depan gawang. Liverpool ungguli West Ham 2-0.

Unggul dua gol di babak pertama, Liverpool tidak menurunkan tempo permainan di babak kedua. Sedangkan West Ham masih kesulitan keluar dari tekanan tuan rumah.

Menit ke-53, Si Merah menjauh dengan skor 3-0. Berawal dari pergerakan Firmino, ia melepaskan umpan terobosan kepada Mane. Tanpa pengawalan, Mane kemudian menaklukkan Fabianski dari dalam kotak penalti. Gol tersebut sempat diperdebatkan karena Mane diklaim berada dalam posisi offside.

Usai gol ketiga, Liverpool menurunkan tekanan. Situasi demikian coba dimanfaatkan West Ham untuk mencetak gol balasan. Di menit ke-83, Andriy Yarmolenko melepaskan umpan silang dari sayap kanan, namun bola bisa diamankan oleh Alisson Becker.

Daniel Sturridge yang masuk menggantika Salah di menit ke-87 menutup pesta gol Liverpool berkat torehan golnya di menit ke-88. Menyambut bola sepak pojok, ia meneruskannya dengan sepakan ke tiang dekat untuk menjadikan skor 4-0.

Liverpool sebenarnya punya satu peluang terakhir untuk menambah gol, aksi Xherdan Shaqiri di area penalti mampu ditutup Fabianski di dekat tiang gawang. Skor 4-0 menutup laga.

Dengan kemenangan besar ini, Liverpool memuncaki klasemen dengan tiga poin, menggusur Chelsea, usai unggul selisih gol. Sedangkan West Ham ada di posisi juru kunci.

Susunan Pemain

LIVERPOOL: Alisson, Alexander-Arnold, Gomez, Van Dijk, Robertson, Milner, Wijnaldum, Keita, Mane (Shaqiri 82'), Salah (Strurridge 87'), Firmino (Hernderson 69')

WEST HAM: Fabianski; Fredericks, Ogbonna, Balbuena, Masuaku; Noble, Rice (Snodgrass 46'), Wilshere; Antonio, Anderson (Chicharito 62'); Arnautovic (Yarmolenko 67')

Komentar

x